• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Zona Ekonomi Eksklusif

"Bagian dari laut lepas berupa suatu jalur laut yang terletak di luar dan berdampingan dengan laut teritorial yang lebarnya tidak melebihi 200 mil laut diukur dari garis pangkal."

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia

Apa itu Zona Ekonomi Eksklusif?

Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) adalah sebuah wilayah khusus yang luasnya 200 mil (321,8 km) laut dari garis dasar pantai. Pada wilayah ini, sebuah negara mempunyai hak atas kekayaan alam di dalamnya (termasuk ikan dan biota laut lainnya) dan berhak menggunakan kebijakan hukumnya, kebebasan bernavigasi, kebebasan terbang di atasnya, melakukan penelitian sumber daya hayati dan sumber daya laut atau melakukan penanaman kabel dan pipa.

Sejarah Zona Ekonomi Eksklusif

Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) pertama kali diterapkan oleh negara Kenya pada Asian-African Legal Constitutive Committee yang berlangsung pada bulan Januari 1971 dan juga pada Sea Bed Committee PBB yang berlangsung pada tahun 1972. Proposal dari negara Kenya ini menerima dukungan dari banyak negara Asia dan juga Afrika. Pada waktu yang hampir bersamaan, banyak negara Amerika Latin mulai membangun sebuah konsep serupa atas laut patrimonial. Kedua konsep yang serupa tersebut muncul secara efektif ketika UNCLOS (United Nations Convention on the Law of the Sea) dimulai.

Sejarah Penetapan Zona Ekonomi Eksklusif di Indonesia

Batas perairan laut di Indonesia berawal pada tahun 1957 saat pengeluaran deklarasi Juanda yang melahirkan konsep Wawasan Nusantara. Dalam deklarasi Juanda tersebut, telah ditetapkan bahwa batas perairan wilayah Indonesia adalah 12 mil (19,3 km) dari garis dasar pantai pada masing-masing pulau di Indonesia sampai dengan titik yang paling luar. Namun, aturan mengenai batas perairan laut Indonesia yang sudah ditetapkan tersebut tidak langsung dikeluarkan. Aturan mengenai batas perairan atau Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia baru dikeluarkan pada tahun 1980, yaitu sepanjang 200 mil (321,8 km) yang diukur dari pangkal wilayah laut Indonesia. Pada ZEE ini, Indonesia memiliki hak untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam di permukaan dan di dasar laut serta mengadakan penelitian sumber daya hayati maupun sumber daya laut lainnya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Globalisasi

glo·ba·li·sa·si "n proses masuknya ke ruang lingkup dunia"

Selengkapnya

Bisnis

"n usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang -- kepariwisataan."

Selengkapnya

Kebijakan Fiskal

"Kebijakan mengenai pajak, penerimaan lain, utang-piutang dan pengeluaran pemerintah dengan tujuan tertentu, seperti menunjang kestabilan ekonomi, keseimbangan moneter, peningkatan pembangunan ekonomi, dan perluasan kesempatan kerja (fiscal policy)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo