• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Yield

"Tingkat bunga yang dihasilkan atas suatu investasi di mana besar bunga tersebut sesuai dengan pasar atau berdasarkan harga pasar investasi yang berlaku."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Yield?

Yield adalah tingkat pengembalian investasi bagi seorang investor yang dinyatakan dalam persentase. Yield mengukur tingkat pengembalian pada suatu instrumen keuangan, contohnya saham atau obligasi, yang didasarkan dari dividen dan tingkat suku bunga.


Besarnya yield tergantung pada metode perdagangannya dan bagaimana usaha trader dalam mengatasi situasi pasar. Oleh karena itu disarankan untuk selalu mengamati situasi pasar dan segala risiko yang mungkin muncul untuk meminimalkan kerugian. Dalam bahasa Indonesia, yield juga dikenal dengan istilah imbal hasil.

Jenis-jenis Yield

Berikut ini adalah jenis-jenis yield:

  1. Persentase tahunan
  2. Yield saat ini (current yield). Yield saat ini adalah rasio antara kupon bunga dengan harga obligasi saat ini. Misalnya, suatu obligasi dibeli dengan harga Rp10.000.000 dengan masa tenor 5 tahun, lalu obligasi ini menawarkan kupon sebesar 10% per tahunnya. Harga obligasi saat ini Rp8.000.000, maka yield saat ini bisa dihitung dengan:

    Rp10.000.000 x 10% / Rp8.000.000 x 100% = 12,5%

  3. Yield saat jatuh tempo (yield to maturity, untuk obligasi). Yield saat jatuh tempo adalah tingkat pengembalian investasi yang didapatkan investor hingga berakhirnya masa tenor obligasi atau saat nilai investasi awal dikembalikan sepenuhnya ke investor. Yield saat jatuh tempo dihitung dengan menyamakan harga obligasi saat ini dengan seluruh tingkat pengembalian di masa depan.
  4. Dividen (untuk saham). Dihitung dengan cara dividen yang dibayarkan dibagi harga saham. Misalnya saham seharga Rp1000 dengan dividen Rp50 per lembar, maka dividen yield-nya adalah 5%. Biasanya dividen yang tinggi menunjukkan potensi passive income yang menarik dari saham yang dimiliki oleh investor.

 

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Obligasi

"n surat pinjaman dengan bunga tertentu dari pemerintah yang dapat diperjualbelikan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo