• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Year over Year

“Used to compare financial results with those of the same period in the previous year.”

Cambridge Dictionary

Apa itu Year over Year (Y.o.Y)?

Year over Year adalah istilah matematis dalam dunia keuangan untuk membandingkan data dalam suatu tahun terhadap data tahun sebelumnya. Istilah Year over Year atau Y.o.Y ini sering ditemukan dalam laporan keuangan perusahaan terbuka yang sahamnya telah dilepas ke publik atau sudah melakukan Initial Public Offering (IPO) di bursa saham.

Perlu diperhatikan bahwasannya setiap perusahaan memiliki tahun fiskal yang berbeda. Terdapat perusahaan yang mengawali tahun fiskal di awal tahun yaitu dimulai pada 1 Januari, tetapi ada pula perusahaan yang memulai tahun fiskal di tengah tahun. Hal ini mempengaruhi periode laporan Year over Year perusahaan tersebut.

Maka dari itu, ketika membandingkan kinerja antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, perlu dicek kembali tahun fiskal kedua perusahaan tersebut. Jika berbeda, hal ini dapat menimbulkan analisis yang tidak akurat karena perbedaan waktu trend sepanjang tahun dan bisa jadi juga terdapat perbedaan jumlah hari dalam kurun tahun fiskal tersebut.

Contoh Laporan Year Over Year

Misalnya, suatu Perusahaan bernama A memulai tahun fiskal pada awal Januari, dan saat ini tanggal 25 Februari 2019. Laporan keuangan perusahaan tersebut adalah seperti ini:

Pendapatan tahun 2017: Rp 5.000.000,-

Pendapatan tahun 2018: Rp 6.500.000,-

Jumlah kenaikan: Rp 1.500,000.-

Persentase kenaikan: 30 %

Dari data di atas, dengan membandingkan pendapatan Perusahaan A pada tahun 2017 dengan pendapatan pada tahun 2018, maka perusahaan tersebut mengalami peningkatan pendapatan 30% Y.o.Y .

Fungsi Laporan Year over Year

Perhitungan kinerja secara Year over Year terbukti cukup memudahkan dalam menghitung kinerja perusahaan terhadap target yang telah diatur di awal tahun. Laporan kinerja secara Year over Year akan digunakan oleh investor sebagai bahan pertimbangan apakah akan memberikan investasi lagi atau justru menarik investasi yang telah diberikan.

Year over Year dalam Reksa Dana

Istilah Year over Year juga sering ditemukan dalam Reksa Dana untuk melihat kinerja suatu portofolio Reksa Dana pada tahun-tahun sebelumnya. Dalam kasus ini, yang dibandingkan adalah Nilai Aktiva Bersih dari portofolio Reksa Dana tersebut. Walaupun suatu Reksa Dana memiliki pertumbuhan Year over Year bagus, perlu diperhatikan grafik pertumbuhan Reksa Dana tersebut, apakah memang stabil naik atau memiliki volatilitas yang besar.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Kebijakan Fiskal

"Kebijakan mengenai pajak, penerimaan lain, utang-piutang dan pengeluaran pemerintah dengan tujuan tertentu, seperti menunjang kestabilan ekonomi, keseimbangan moneter, peningkatan pembangunan ekonomi, dan perluasan kesempatan kerja (fiscal policy)."

Selengkapnya

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo