• Produk
  • Promo
  • Artikel

Wesel Tagih

Janji tertulis yang tidak bersyarat, dibuat oleh pihak yang satu untuk pihak yang lain, ditandatangani oleh pihak pembuatnya, untuk membayar sejumlah uang atas permintaan atau pada suatu tanggal yang ditetapkan pada masa yang akan datang kepada pihak yang memerintahkan atau membawanya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa itu Wesel Tagih?

Secara singkat, wesel tagih bisa diartikan sebagai pernyataan jumlah utang pelanggan atau pembeli dalam bentuk tertulis yang formal. Utang ini diharapkan dapat ditagih dalam kurun waktu yang ditentukan. Dalam pembukuan, wesel tagih dapat digolongkan sebagai aset lancar. 

Fungsi Wesel Tagih

Wesel tagih mempunyai kepentingan bagi perusahaan. Karena dapat digunakan untuk melunasi piutang pembeli. Dengan menandatangani wesel, debitor mengakui utangnya dan harus bersedia untuk membayar atau melunasi sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan, wesel tagih pun menjadi klaim hukum yang kuat, hingga perusahaan dapat menagih piutang tersebut. 

Ciri-ciri Wesel Tagih

Meskipun sebetulnya mirip dengan wesel bayar, tapi ada beberapa hal yang bisa dijadikan pembeda misalnya saja:

  1. Dibuat dari sudut pandang pemberi pinjaman
  2. Bertambah di sisi debit
  3. Termasuk aktiva

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Arbitrasi Wesel

“Tindakan yang dilakukan oleh debitur untuk membayar utangnya di negara lain dengan menggunakan wesel dengan harapan memberikan pengeluaran yang serendah-rendahnya melalui pemanfaatan perubahan nilai tukar mata uang yang terjadi di pusat pasar uang dunia (arbitration of exchange)”

Selengkapnya

Akun Wesel Diskonto

Perkiraan untuk membukukan wesel yang didiskonto, yaitu yang diambil alih oleh bank dengan harga setelah diperhitungkan bunganya (bills discounted account).

Selengkapnya

Jaminan

"n tanggungan atas pinjaman yang diterima; agunan: ia meminjam uang kepada bank dengan ~ sebuah rumah dan sebidang tanah miliknya"

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo