• Produk
  • Promo
  • Artikel

Wesel Bayar

Janji tertulis yang ditandatangani oleh pembuatnya agar pada tanggal yang ditetapkan atau pada waktu yang akan datang dan atas permintaan tertentu membayarkan sejumlah uang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa itu Wesel Bayar?

Istilah wesel bayar dapat kita temui pada siklus akuntansi piutang dagang. Misalnya saja saat kita membeli gadget, furniture, atau kendaraan secara kredit. Biasanya kita menandatangani dokumen resmi, nah dokumen tersebut dari sudut pandang pembeli merupakan wesel bayar. Sementara, bagi kreditor dokumen tersebut merupakan wesel tagih. 

Wesel bayar juga biasanya diterbitkan saat nasabah memperoleh pinjaman uang dari bank. Meski memiliki ketentuan yang bermacam-macam, banyak bank akan menerima wesel bayar yang dikenakan bunga atas jumlah yang dipinjam. 

Ciri-Ciri Wesel Bayar

Dari pengertian di atas ada beberapa hal yang bisa mencirikan wesel bayar, antara lain:

  1. Dilihat dari sudut pandang peminjam
  2. Bertambah di sisi kredit
  3. Termasuk pasiva

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Wesel Bank

Wesel yang ditarik oleh suatu bank atas bank lain.

Selengkapnya

Wesel Tagih

Janji tertulis yang tidak bersyarat, dibuat oleh pihak yang satu untuk pihak yang lain, ditandatangani oleh pihak pembuatnya, untuk membayar sejumlah uang atas permintaan atau pada suatu tanggal yang ditetapkan pada masa yang akan datang kepada pihak yang memerintahkan atau membawanya.

Selengkapnya

Akun Wesel Diskonto

Perkiraan untuk membukukan wesel yang didiskonto, yaitu yang diambil alih oleh bank dengan harga setelah diperhitungkan bunganya (bills discounted account).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo