Wesel Bank

Definisi Wesel Bank

Wesel yang ditarik oleh suatu bank atas bank lain.

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Wesel Bank?

Wesel bank adalah pembayaran atas nama pembayar yang dijamin oleh bank penerbit. Biasanya, bank akan meninjau rekening bank pemohon konsep untuk melihat apakah dana yang cukup tersedia untuk cek dihapus. Setelah dikonfirmasi bahwa dana yang cukup tersedia, bank secara efektif menyisihkan dana dari rekening orang tersebut untuk diberikan ketika wesel bank digunakan. Wesel memastikan penerima pembayaran adalah bentuk pembayaran yang aman. Dan saldo rekening bank pembayar akan berkurang dengan uang yang ditarik dari rekening.

Singkatnya, wesel bank merupakan cek, akan tetapi yang menjadi sumber dana untuk pembayaran bukanlah rekening nasabah perorangan, melainkan rekening bank yang menerbitkan. 

Wesel bank dapat diminta oleh penjual saat penjual tidak memiliki hubungan dengan pembeli; suatu transaksi melibatkan harga jual yang besar, atau penjual percaya bahwa mengumpulkan pembayaran mungkin sulit. Sebagai contoh, penjual akan memerlukan wesel bank saat menjual rumah atau mobil. Tentu saja, penjual mungkin tidak mengumpulkan dana dengan wesel bank jika bank menjadi bangkrut dan tidak menghormati wesel yang beredar, atau jika wesel tersebut curang.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍