Visa

Definisi Visa

Izin masuk ke negara lain atau izin tinggal sementara di negara lain yang diberikan oleh pejabat pemerintah yang berwenang di negara yang dikunjungi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa itu Visa?

Visa adalah dokumen resmi yang memungkinkan seseorang memasuki negara asing secara legal. Visa biasanya dicap atau dilem ke paspor pembawa. Ada beberapa jenis visa yang berbeda, yang masing-masing memberikan hak yang berbeda kepada pembawa di negara tuan rumah. Visa diperlukan jika Anda ingin bepergian ke negara yang tidak memiliki kebijakan visa yang sama dengan negara asal Anda.

Banyak negara memiliki kebijakan dan perjanjian visa yang memungkinkan warganya untuk melakukan perjalanan bebas tanpa memerlukan visa. Misalnya, Kanada dan Amerika tidak memerlukan visa untuk melakukan perjalanan ke negara masing-masing, hanya dokumen perjalanan yang valid. Namun, orang Kanada benar-benar membutuhkan visa untuk bepergian ke Bhutan, misalnya, karena tidak ada perjanjian visa antara kedua negara.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Apa itu Kebijakan Visa?

Kebijakan visa suatu negara adalah aturan yang menyatakan siapa yang boleh masuk atau tidak masuk ke negara itu. Kebijakan ini memungkinkan pemegang paspor dari satu negara untuk bebas visa tetapi tidak memiliki pemegang paspor di negara lain. Sebagian besar kebijakan visa bersifat bilateral, artinya dua negara akan mengizinkan perjalanan bebas visa ke warga negara satu sama lain, tetapi hal ini tidak selalu terjadi. Sebagai contoh, pemegang paspor Kanada dapat melakukan perjalanan ke Grenada bebas visa, tetapi warga Grenadines harus mengajukan permohonan visa untuk melakukan perjalanan ke Kanada.

Tidak ada aturan keras dan cepat untuk negara ketika menentukan kebijakan visa. Namun, beberapa pertimbangan umum termasuk hubungan diplomatik dengan negara lain, sejarah, jika ada, imigrasi ilegal dari negara itu, faktor biaya dan pariwisata, dan banyak lagi.

Banyak negara memiliki batasan visa untuk memeriksa dan mengontrol arus pengunjung masuk dan keluar dari negara dan untuk mencegah imigrasi ilegal dan kegiatan kriminal lainnya. Memaksa para pelancong untuk memohon visa memungkinkan pihak berwenang untuk memeriksa calon pengunjung. Misalnya, individu dapat mencoba melakukan perjalanan ke negara dengan peluang ekonomi yang lebih baik untuk bekerja secara ilegal di sana.

 


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍