• Produk
  • Promo
  • Artikel

Verifikasi

Pemeriksaan tentang kebenaran laporan, pernyataan, perhitungan uang, dan sebagainya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Verifikasi Adalah

Verifikasi merupakan proses membangun kebenaran, akurasi, atau validitas sesuatu. Verifikasi juga bisa diartikan sebagai perbandingan dua atau lebih item, atau penggunaan tes tambahan, untuk memastikan keakuratan, kebenaran, atau kebenaran informasi.

Proses verifikasi ini biasanya diperlukan untuk mengukur kebenaran dan kompatibilitas satu sama lain. Misalnya saja institusi keuangan yang melakukan verifikasi data nasabah atau calon peminjam dana untuk memastikan informasi yang diberikan nasabah benar adanya. 

Verifikasi identitas dikembangkan untuk membantu perusahaan mematuhi aturan Anti-Money Laundering (AML) dan Know Your Customer (KYC), verifikasi identitas sekarang merupakan komponen penting bagi ekosistem transaksi perusahaan eCommerce, lembaga keuangan, permainan online, dan bahkan sosial media. Dengan mengadopsi metode pencegahan penipuan digital, bisnis dapat mencapai kepatuhan AML dan KYC sambil menangani risiko yang terkait dengan penipuan. 

Verifikasi Keuangan

Verifikasi keuangan juga sangat penting dilakukan, proses ini juga dikenal sebagai audit. Hal ini selain untuk memberikan keyakinan akan dokumen yang diberikan juga bertujuan untuk mencegah kesalahan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Kliring

"Perhitungan utang piutang antara para peserta kliring secara terpusat di satu tempat dengan cara saling menyerahkan surat-surat berharga dan surat-surat dagang yang telah ditetapkan untuk dapat diperhitungkan (clearing)."

Selengkapnya

Audit

"n: pemeriksaan pembukuan tentang keuangan (perusahaan, bank, dan sebagainya) secara berkala."

Selengkapnya

Cegah Risiko

Cara atau teknik untuk menghindari risiko yang timbul akibat adanya fluktuasi harga di pasar dalam kaitannya dengan transaksi jual beli komoditas, sekuritas, atau valuta; misalnya, dalam perjanjian pinjam meminjam dalam bentuk valuta asing diperjanjikan bahwa pembayaran kembali dilakukan dengan kurs yang disepakati; apabila kurs berubah pada saat hari pengembalian pinjaman, pembayaran tetap menggunakan kurs yang telah diperjanjikan; lindung nilai; pencagaran (hedge/hedging).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo