Venture Capital

Definisi Venture Capital

Apa itu Venture Capital?

Venture Capital atau modal ventura merupakan salah satu bentuk private equity dan salah satu jenis pembiayaan yang diberikan investor kepada perusahaan rintisan (start-up) dan usaha kecil yang diyakini memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang. Modal ventura umumnya berasal dari investor kaya, bank investasi, dan lembaga keuangan lainnya. Namun, itu tidak selalu dalam bentuk moneter; dapat juga diberikan dalam bentuk keahlian teknis atau manajerial. Modal ventura biasanya dialokasikan ke perusahaan kecil dengan potensi pertumbuhan luar biasa, atau ke perusahaan yang telah tumbuh dengan cepat dan tampak siap untuk terus berkembang.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Prinsip Dasar Venture Capital

Dalam kesepakatan venture capital (selanjutnya disebut deng modal ventura), sebagian besar kepemilikan perusahaan dibuat dan dijual kepada beberapa investor melalui kemitraan terbatas independen yang didirikan oleh perusahaan modal ventura. Kadang-kadang kemitraan ini terdiri dari kumpulan beberapa perusahaan serupa. Namun, satu perbedaan penting antara modal ventura dan kesepakatan ekuitas swasta lainnya adalah bahwa modal ventura cenderung berfokus pada perusahaan baru yang mencari dana besar untuk pertama kalinya, sementara ekuitas swasta cenderung mendanai perusahaan yang lebih besar dan lebih mapan yang mencari infus ekuitas atau kesempatan bagi pendiri perusahaan untuk mengalihkan sebagian dari kepemilikan mereka.

Proses Modal Ventura

Langkah pertama untuk bisnis apa pun yang mencari modal ventura adalah mengajukan rencana bisnis, baik ke firma modal ventura atau ke angel investor. Jika tertarik dengan proposal tersebut, perusahaan atau investor kemudian harus melakukan uji tuntas, yang mencakup penyelidikan menyeluruh antara lain model bisnis perusahaan, produk, manajemen, dan riwayat operasi.

Karena modal ventura cenderung menginvestasikan jumlah dolar yang lebih besar di lebih sedikit perusahaan, penelitian latar belakang ini sangat penting. Banyak profesional modal ventura memiliki pengalaman investasi sebelumnya, seringkali sebagai analis riset ekuitas; yang lainnya memiliki gelar Magister Administrasi Bisnis (MBA). Para profesional modal ventura juga cenderung berkonsentrasi di industri tertentu. Seorang pemodal ventura yang berspesialisasi dalam perawatan kesehatan, misalnya, mungkin memiliki pengalaman sebelumnya sebagai analis industri perawatan kesehatan.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍