Underwriting

Definisi Underwriting

Underwriting merupakan salah satu dari proses yang dilakukan oleh bank atau lembaga keuangan untuk menilai kelayakan kredit ataupun resiko peminjam potensial. Dalam konteks asuransi, underwriting merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mengidentifikasi dan menyeleksi setiap risiko, mengelompokkan tingkat risiko dan mengambil keputusan terkait kondisi calon nasabah.

accurate.id

Tujuan dan Manfaat Underwriting

Underwriting bertujuan untuk memberikan keadilan kepada nasabah dalam menentukan jumlah premi yang harus dibayar. Selain itu, jumlah premi yang dibayarkan juga diharapkan tidak merugikan asuransi ketika nasabah mengajukan klaim produk asuransi jiwa maupun produk lainnya. Jika besaran premi ditentukan dengan tepat, pihak asuransi tidak terbebani oleh resiko yang akan dialami calon nasabah. Suatu polis akan ditolak apabila risiko penyakit atau beban klaim terlalu banyak. Di sisi lain, nasabah juga tidak akan merasa terpaksa membayar premi yang terlalu besar, karena telah disesuaikan dengan hasil underwriting.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Jenis Underwriting

Berikut adalah jenis-jenis underwriting yang perlu kamu ketahui:

Loan Underwriting

Merupakan underwriting yang dilakukan untuk menilai kelayakan kredit dari peminjam potensial. Jenis underwriting ini melibatkan penilaian riwayat kredit pemohon, catatan finansial, nilai dari agunan yang ditawarkannya, dan berbagai faktor lainnya yang tergantung pada ukuran dan tujuan dari pengajuan pinjaman.

Insurance Underwriting

Merupakan underwriting yang dilakukan dengan cara mengidentifikasi dan juga menyeleksi risiko pengajuan asuransi oleh calon pemegang polis. Dalam penerapannya, hal-hal yang dinilai dalam underwriting jenis ini berbeda-beda untuk setiap jenis asuransi lain. Misalnya, untuk asuransi kesehatan akan dinilai risiko berdasarkan gaya hidup, usia, riwayat kesehatan, pekerjaan dan lain-lain.

Securities Underwriting

Merupakan underwriting yang dilakukan oleh investor potensial atau surat berharga khusus yang sesuai dengan Initial Public Offering (IPO). Dalam prosesnya, pihak bank investasi melakukan pembelian sekuritas yang sudah diterbitkan perusahaan lalu menjualnya lagi di pasar modal. Proses ini berfungsi untuk memastikan bahwa IPO yang bersangkutan akan meningkatkan jumlah modal yang diperlukan pihak underwriter pada layanannya. Hal ini sangat bermanfaat bagi para investor sehingga mereka dapat menghindari keputusan yang salah.

Keputusan underwriting

Berikut adalah keputusan underwriting yang perlu kamu ketahui:

Diterima secara penuh

Artinya, calon nasabah termasuk dalam kategori preferred risk dan standard risk, yaitu nasabah memenuhi seluruh syarat proses underwriting. Calon nasabah dapat menerima seluruh manfaat yang diajukan, sehingga dapat membeli asuransi yang sesuai dengan pengajuannya.

Diterima namun dengan pengecualian

Artinya, calon nasabah diterima namun terdapat beberapa penyakit tertentu yang tidak ditanggung pihak asuransi. Pengecualian ini berdasarkan kondisi kesehatan calon nasabah. Jangka waktu pengecualian tanggungan untuk setiap individu dapat berbeda-beda, ada yang bersifat permanen dan ada yang bersifat sementara yang artinya hanya dalam beberapa tahun saja.

Diterima dengan pembayaran premi ekstra

Artinya, calon nasabah termasuk dalam kategori substandard risk, perusahaan asuransi menerima pengajuan nasabah dengan syarat tertentu dimana calon nasabah akan tetap mendapat manfaat sesuai dengan yang diajukan. Namun dengan catatan nasabah harus membayar premi ekstra yang lebih mahal daripada yang biasanya.

Ditolak

Artinya, calon nasabah termasuk dalam kategori declined risk atau uninsurable, perusahaan asuransi tidak menerima pengajuan yang diajukan. Hal ini dikarenakan risiko yang terlalu besar dan juga beberapa faktor lainnya seperti penyakit dan usia.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍