Uang Giral

Definisi Uang Giral

Apa itu Uang Giral? Lain dengan uang kartal yang memiliki bentuk fisik seperti kertas atau koin, uang giral merupakan sebutan alat pembayaran berupa surat berharga yang dapat sewaktu-waktu digunakan untuk transaksi jual beli. Giral merupakan mata uang yang sah secara ekonomi namun tidak secara hukum, jadi masyarakat boleh menolak pembayaran yang menggunakan uang giral.

https://www.akseleran.co.id/blog/uang-giral/

Bentuk-bentuk Uang Giral Uang giral cukup bermacam-macam bentuknya, yang pasti adalah uang yang disimpan pada bank atau rekening koran bank yang bisa digunakan untuk transaksi pembayaran, misalnya saja cek, bilyet giro, kartu kredit, wesel, ataupun perintah bayar tertentu yang biasanya diterbitkan oleh bank sehingga ada syarat untuk memilikinya dan tidak dapat digunakan untuk transaksi secara bebas.

https://id.wikipedia.org/wiki/Uang_giral

Kelebihan Uang Giral

Belakangan uang giral lebih digemari ketimbang uang kartal, apalagi sudah ada himbauan untuk go cashless oleh pemerintah, karena ada beberapa hal yang dapat menguntungkan penggunanya, antara lain:

1.Lebih praktis

Karena tidak perlu membawa uang cash atau kontan, pembayaran pun dapat lebih mudah dilakukan dan sesuai dengan jumlah kebutuhan, tanpa repot menukar-nukar untuk kembalian seperti uang kartal. 

2. Lebih aman

Apabila kehilangan atau kecurian, kita bisa memblokir dan pelacakan, jadi dana yang ada di bank bisa tetap aman. 

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍