Transaksi

Definisi Transaksi

trans·ak·si/ n 1 persetujuan jual beli (dalam perdagangan) antara dua pihak: 2 pelunasan (pemberesan) pembayaran (seperti dalam bank)

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa itu Transaksi?

Transaksi adalah kesepakatan antara pembeli dan penjual untuk menukar barang, jasa atau instrumen keuangan. Dalam akuntansi, peristiwa yang mempengaruhi keuangan bisnis harus dicatat di pembukuan, dan transaksi akuntansi akan dicatat secara berbeda jika perusahaan menggunakan akuntansi akrual daripada akuntansi kas. Akuntansi akrual mencatat transaksi ketika pendapatan atau pengeluaran direalisasikan atau terjadi, sedangkan akuntansi kas mencatat transaksi ketika bisnis benar-benar membelanjakan atau menerima uang. Ini mungkin membutuhkan letter of intent atau nota kesepahaman.

Transaksi dalam hal penjualan antara pembeli dan penjual relatif mudah. Orang A memberi orang B sejumlah uang untuk barang, jasa, atau produk keuangan.

Akan tetapi, transaksi dapat menjadi lebih kompleks di dunia akuntansi karena dalam bisnis terkadang membuat kesepakatan hari ini yang tidak akan diselesaikan sampai tanggal yang akan datang, atau mereka mungkin memiliki pendapatan atau pengeluaran yang diketahui tetapi belum jatuh tempo. Transaksi pihak ketiga juga dapat terjadi. Apakah bisnis mencatat transaksi pendapatan dan beban menggunakan metode akuntansi akrual atau metode akuntansi tunai mempengaruhi pelaporan keuangan dan pajak perusahaan.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍