Time Value of Money

Definisi Time Value of Money

Time value of money adalah sebuah konsep kalkulasi nilai uang berdasarkan waktu. Konsep ini diterapkan karena nilai nominal uang pada saat ini dapat berbeda dengan nilai nominal uang di masa yang akan datang. Dengan kata lain, dalam hal ini, waktu berubah menjadi fungsi dari uang.

Akseleran

Manfaat Time Value of Money

1. Bagi Investor

Informasi terkait time value of money penting untuk menganalisis apakah suatu investasi dapat dianggap menguntungkan atau tidak. Konsep tersebut membantu investor dalam memutuskan hal yang lebih tepat dalam memanfaatkan uang mereka.

2. Bagi Perusahaan

Bagi perusahaan, time value of money bermanfaat dalam penganggaran, yakni dalam penghitungan dan penyusunannya. Kegiatan yang dilakukan perusahaan tidak sebatas produksi saja, tetapi juga mengembangkan produk dan berinovasi.

3. Bagi Pribadi

Time value of money juga bermanfaat bagi individu. Manfaatnya adalah membantu mengetahui seberapa besar tabungan yang harus disimpan agar mencapai total yang diinginkan dalam kurun waktu tertentu.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Cara Kerja Time Value of Money

Cara kerja dari Time Value of Money sudah tergambar dari definisinya, di mana nilai uang saat ini lebih berharga dari nilai uang dengan jumlah yang sama di masa mendatang, karena potensi pendapatan dari uang tersebut. Artinya, nilai uang hari ini bisa jadi mengalami pertambahan karena adanya bunga majemuk ketika ditabung atau diinvestasikan. Dengan demikian, nilai uang hari ini dengan lima tahun yang akan datang jelas akan berbeda.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍