• Produk
  • Promo
  • Artikel

Teori Harapan

Teori tingkat bunga yang mengatakan bahwa hasil yang diharapkan dari surat berharga ditentukan oleh berapa besar pengaruh harapan investor terhadap tingkat suku bunga pada waktu yang akan datang (expectation theory).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Teori Harapan?

Teori ekspektasi merupakan teori yang mencoba untuk memprediksi suku bunga jangka pendek, apa yang akan terjadi di masa depan berdasarkan suku bunga jangka panjang saat ini. Teori ini menunjukkan bahwa seorang investor mendapatkan jumlah bunga yang sama dengan berinvestasi dalam dua kali investasi obligasi satu tahun berturut-turut versus berinvestasi dalam satu obligasi dua tahun hari ini.

Tujuan Teori Harapan

Teori harapan bertujuan untuk membantu investor membuat keputusan berdasarkan perkiraan suku bunga di masa depan. Teori ini menggunakan kurs jangka panjang, biasanya dari obligasi pemerintah, untuk memperkirakan kurs obligasi jangka pendek. Secara teori, suku bunga jangka panjang dapat digunakan untuk menunjukkan di mana suku bunga obligasi jangka pendek akan diperdagangkan di masa depan.

Keterbatasan Teori Harapan

Akan tetapi, investor harus sadar bahwa teori ekspektasi tidak selalu merupakan alat yang andal. Masalah umum dengan menggunakan teori ekspektasi adalah bahwa kadang-kadang melebih-lebihkan suku bunga jangka pendek di masa depan, membuatnya mudah bagi investor untuk berakhir dengan prediksi yang tidak akurat dari kurva imbal hasil obligasi.

Keterbatasan lain dari teori ini adalah bahwa banyak faktor mempengaruhi imbal hasil obligasi jangka pendek dan jangka panjang. Federal Reserve menyesuaikan suku bunga naik atau turun, yang mempengaruhi imbal hasil obligasi termasuk obligasi jangka pendek. Namun, hasil jangka panjang mungkin tidak terpengaruh karena banyak faktor lain mempengaruhi hasil jangka panjang termasuk inflasi dan ekspektasi pertumbuhan ekonomi. Akibatnya, teori ekspektasi tidak memperhitungkan kekuatan luar dan faktor makroekonomi mendasar yang mendorong suku bunga dan akhirnya hasil obligasi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Obligasi

"n surat pinjaman dengan bunga tertentu dari pemerintah yang dapat diperjualbelikan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo