Tanpa Tanggung Renteng

Definisi Tanpa Tanggung Renteng

"Risiko tidak terbayarnya suatu promes atau instrumen dagang lain oleh pembeli (orang yang menerbitkan promes tersebut); secara hukum, pengendos (yang membubuhkan tanda tangan atas cek atau draft atau promes) diminta bertanggung jawab terhadap pembayaran instrumen tersebut kepada pemegang surat berharga apabila penerbit instrumen tersebut tidak mampu untuk membayar (wanprestasi), hal ini dapat dilakukan jika dalam endosemen tersebut terdapat klausul berisi kata “tanpa tanggung renteng" (without recourse)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Tanpa Tanggung Renteng?

Tanpa Tanggung Renteng adalah suatu risiko gagal bayar atas surat promes sehingga pembeli harus menanggung risiko ketertagihan tersebut.

Jika suatu penjualan dilakukan tanpa tanggung renteng, hal ini berarti pembeli menerima resiko yang berkaitan atas pembelian tersebut. Pembeli tidak memiliki jalan lain untuk menuntut penjual jika aset yang dibelinya tidak bisa berjalan seperti yang diharapkan. Liabilitas aset tersebut diterima oleh pembeli, dan penjual tidak memiliki kewajiban untuk memberi kompensasi pada pembeli atas kerusakan atau masalah kinerja atas aset tersebut.

Dalam penjualan piutang tanpa tanggung renteng, pembeli menanggung resiko ketertagihan piutang dan setiap kerugian kredit. Transfer piutang usaha dalam transaksi tanpa tanggung renteng serupa dengan penjualan piutang usaha secara langsung, baik dalam bentuk ataupun substansinya. 

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍