• Produk
  • Promo
  • Artikel

Tanam - Penanaman Modal Asing

Aliran modal dan suatu negara ke negara lain sebagai akibat adanya kegiatan bisnis atau kegiatan lainnya yang masih berada dalam pengawasan negara (foreign direct investment).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Penanaman Modal Asing?

Penanaman Modal Asing adalah investasi yang dilakukan oleh perusahaan atau individu di satu negara untuk kepentingan bisnis yang berlokasi di negara lain. Umumnya, penanaman modal asing terjadi ketika investor mendirikan operasi bisnis asing atau mengakuisisi aset bisnis asing di perusahaan asing. Namun, penanaman modal ini dibedakan dari investasi portofolio di mana investor hanya membeli ekuitas perusahaan berbasis asing.

Penanaman modal asing biasanya dilakukan di ekonomi terbuka yang menawarkan tenaga kerja terampil dan prospek pertumbuhan di atas rata-rata bagi investor, berlawanan dengan ekonomi yang diatur secara ketat. Investasi langsung asing sering melibatkan lebih dari sekadar investasi modal. Ini mungkin termasuk ketentuan manajemen atau teknologi juga. Fitur utama dari investasi asing langsung adalah bahwa ia menetapkan kontrol yang efektif atau setidaknya pengaruh substansial terhadap pengambilan keputusan bisnis asing.

Investasi jenis ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk pembukaan anak perusahaan atau perusahaan asosiasi di negara asing, memperoleh saham pengendali di perusahaan asing yang ada, atau melalui merger atau usaha patungan dengan perusahaan asing.

Kategori Penanaman Modal Asing

Investasi asing langsung umumnya dikategorikan horizontal, vertikal, atau konglomerat. Investasi langsung horisontal mengacu pada investor yang mendirikan jenis operasi bisnis yang sama di negara asing seperti yang beroperasi di negara asalnya, misalnya, penyedia telepon seluler yang berbasis di Amerika Serikat membuka toko di Cina.

Investasi vertikal adalah investasi di mana kegiatan bisnis yang berbeda tetapi terkait dari bisnis utama investor didirikan atau diperoleh di negara asing, seperti ketika perusahaan manufaktur mengakuisisi saham di perusahaan asing yang memasok suku cadang atau bahan baku yang diperlukan untuk perusahaan manufaktur untuk membuat produknya.

Jenis investasi langsung asing konglomerat adalah jenis di mana perusahaan atau individu melakukan investasi asing dalam bisnis yang tidak terkait dengan bisnis yang ada di negara asalnya. Karena jenis investasi ini melibatkan memasuki industri di mana investor tidak memiliki pengalaman sebelumnya, sering kali mengambil bentuk usaha patungan dengan perusahaan asing yang sudah beroperasi di industri.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Modal

"n uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan sebagainya: ia menanam --nya dalam perusahaaan itu."

Selengkapnya

Arus Modal Masuk

/·a·rus/ /mo·dal/ /ma·suk/

Selengkapnya

Modal Kerja

“Modal bersih yang merupakan selisih lebih antara aktiva lancar dan hutang lancar untuk membiayai kegiatan usaha (working capital)”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo