• Produk
  • Promo
  • Artikel

Tagihan

"hasil menagih,uang dan sebagainya yang harus ditagih."

Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Formulir berisi perincian barang, jasa, dan harga, yang harus dibayar oleh pembeli kepada penjual; dokumen yang membuktikan kewajiban debitur kepada kreditur (bill)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Tagihan?

Tagihan adalah kewajiban yang harus dibayarkan pelanggan atas pemakaian jasa atau fasilitas tertentu, termasuk biaya administrasi, denda, bunga, dan biaya lainnya jika ada. Misalnya, tagihan listrik karena kita telah menggunakan listrik untuk keperluan setiap hari.

Dalam ilmu akuntansi, tagihan dikenal juga sebagai piutang, yaitu klaim atau pengakuan kepemilikan atau uang, barang, dan jasa oleh seseorang atau suatu perusahan terhadap pihak lain.

Jenis-jenis Tagihan

Berikut ini adalah jenis-jenis tagihan & pengertiannya:

  • Tagihan Akseptasi adalah tagihan yang timbul sebagai akibat dari akseptasi yang dilakukan terhadap wesel berjangka.
  • Tagihan Derivatif adalah tagihan karena potensi keuangan dari suatu perjanjian/kontrak transaksi derivatif (selisih positif antara nilai kontrak dengan nilai wajar transaksi derivatif pada tanggal laporan), termasuk potensi keuntungan karena mark to market dari transaksi spot yang masih berjalan.
  • Tagihan Komitmen adalah tagihan yang tidak bisa dibatalkan secara sepihak dan wajib dilaksanakan apabila semua persyaratan sudah terpenuhi.

Jenis-jenis Piutang (Tagihan Menurut Ilmu Akuntansi)

Piutang terdiri atas 3 jenis, yaitu:

  • Piutang Usaha, yaitu suatu piutang yang timbul dari penjualan barang atau jasa perusahaan secara kredit.
  • Wesel Tagih, yaitu surat formal yang diterbitkan sebagai bentuk pengukuran utang.
  • Piutang Lain-lain, yang mencakup selain piutang dagang misalnya piutang bunga, piutang gaji, uang muka karyawan, dan restitusi pajak.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Disbursement

“pembayaran uang dari dana”

Selengkapnya

Uang

"n alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu."

Selengkapnya

Diskon

“n potongan harga”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo