SWOT Analysis

Definisi SWOT Analysis

Apa Itu Analisis SWOT? Analisis SWOT (Strengths=kekuatan, Weaknesses=kelemahan, Opportunities=peluang, dan Threats=ancaman) adalah kerangka kerja yang digunakan untuk mengevaluasi posisi kompetitif perusahaan dan untuk mengembangkan perencanaan strategis. Analisis SWOT menilai faktor internal dan eksternal, serta potensi saat ini dan masa depan.

https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT

Tujuan Analisis SWOT Analisis SWOT dirancang untuk memfasilitasi tampilan yang realistis, berbasis fakta, berdasarkan data pada kekuatan dan kelemahan organisasi, inisiatif nya, atau industri. Organisasi perlu menjaga agar analisis tetap akurat dengan menghindari keyakinan yang telah terbentuk sebelumnya atau area abu-abu dan alih-alih berfokus pada konteks kehidupan nyata. Perusahaan harus menggunakannya sebagai panduan dan tidak harus sebagai resep.

https://www.mindtools.com/pages/article/newTMC_05.htm

Cara Kerja SWOT Analysis

Analisis SWOT adalah teknik untuk menilai kinerja, persaingan, risiko, dan potensi bisnis, serta bagian dari bisnis seperti lini produk atau divisi, industri, atau entitas lain. Menggunakan data internal dan eksternal, teknik ini dapat memandu bisnis menuju strategi yang lebih mungkin berhasil, dan jauh dari strategi yang pernah, atau kemungkinan besar, kurang berhasil. Seorang analis analisis SWOT independen, investor atau pesaing juga dapat memandu mereka tentang apakah perusahaan, lini produk atau industri mungkin kuat atau lemah dan mengapa.

Keuntungan Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah cara terbaik untuk memandu pertemuan strategi bisnis. Penting  untuk melibatkan banyak pihak dalam perusahaan untuk membahas kekuatan dan kelemahan inti perusahaan dan kemudian menentukan peluang dan ancaman, dan akhirnya bertukar pikiran tentang ide. Seringkali, analisis SWOT yang Anda bayangkan sebelum sesi berubah untuk mencerminkan faktor-faktor yang tidak Anda sadari dan tidak akan pernah ditangkap jika bukan karena masukan kelompok.

 

Perusahaan dapat menggunakan SWOT untuk sesi  strategi bisnis secara keseluruhan atau untuk segmen tertentu seperti pemasaran, produksi, atau penjualan. Dengan cara ini, Anda dapat melihat bagaimana keseluruhan strategi yang dikembangkan dari analisis SWOT akan disaring ke segmen di bawah ini sebelum melakukannya. Anda juga dapat bekerja secara terbalik dengan analisis SWOT khusus segmen yang dimasukkan ke dalam analisis SWOT secara keseluruhan.

 


Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍