Surplus

Definisi Surplus

/surĀ·plus/ n jumlah yang melebihi hasil biasanya; berkelebihan; sisa.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa itu Surplus?

Surplus menggambarkan jumlah aset atau sumber daya yang melebihi porsi yang digunakan secara aktif. Surplus dapat mengacu pada sejumlah item yang berbeda, termasuk pendapatan, keuntungan, modal, dan barang. Dalam konteks persediaan, surplus menggambarkan produk yang tetap ada di rak toko, tidak dibeli. Dalam konteks anggaran, surplus terjadi ketika pendapatan yang diperoleh melebihi biaya yang dibayarkan. Surplus anggaran juga dapat terjadi di dalam pemerintahan ketika ada sisa pendapatan pajak setelah semua program pemerintah dibiayai sepenuhnya.

Surplus tidak selalu menguntungkan. Misalnya, pabrikan yang terlalu banyak memproyeksikan permintaan masa depan untuk produk tertentu dapat membuat terlalu banyak unit yang tidak terjual, akibatnya dapat berkontribusi pada kerugian keuangan triwulanan atau tahunan. Surplus komoditas yang mudah rusak seperti biji-bijian dapat menyebabkan kerugian permanen, karena persediaan rusak dan barang menjadi tidak dapat dijual.

Jenis Surplus

Ada dua jenis surplus ekonomi: surplus konsumen dan surplus produsen.

Surplus konsumen terjadi ketika harga suatu produk atau jasa lebih rendah dari harga tertinggi yang bersedia dibayar konsumen. Bayangkan sebuah lelang, di mana pembeli memikirkan batas harga yang tidak akan dilampaui untuk lukisan tertentu yang ia sukai. Surplus konsumen terjadi jika pembeli ini akhirnya membeli karya seni tersebut dengan harga kurang dari batas yang telah ditentukan. Dalam contoh lain, mari kita asumsikan harga per barel minyak turun, menyebabkan harga gas turun di bawah harga yang biasa dikeluarkan oleh pengemudi di SPBU. Dalam hal ini, konsumen mendapat keuntungan, dengan surplus.

Surplus produsen terjadi ketika barang-barang dijual dengan harga yang lebih tinggi dari harga terendah yang bersedia dijual oleh produsen. Dalam konteks lelang yang sama, jika sebuah rumah lelang menetapkan tawaran pembukaan pada harga terendah ia akan menjual lukisan dengan nyaman, surplus produsen terjadi jika pembeli membuat perang penawaran, sehingga menyebabkan barang tersebut dijual dengan harga yang lebih tinggi, jauh di atas pembukaan minimum.


Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? šŸ”