SID BI

Definisi SID BI

SID (Sistem Informasi Debitur) adalah sistem yang menyediakan informasi Debitur yang merupakan hasil olahan dari Laporan Debitur yang diterima oleh Bank Indonesia.

Apa itu SID BI?

Sistem Informasi Debitur (SID) BI adalah sistem pencatatan riwayat kredit debitur dari Bank dan Lembaga Pembiayaan. Seluruh data mengenai pembayaran cicilan atau pun biaya lain akan tercatat untuk dijadikan pertimbangan bagi pihak bank maupun lembaga pembiayaan dalam memberikan pinjaman kepada debitur. Hal-hal seperti penunggakan biaya, pelunasan tepat waktu ataupun penunggakan yang akhirnya dilunasi akan tercatat sehingga bank dan lembaga pembiayaan dapat mengetahui kelayakan debitur dalam mempertanggungjawabkan pinjaman dana.

SID menyediakan keakuratan data kredit debitur yang dikeluarkan oleh Biro Informasi Kredit, yang terdapat di Bank Indonesia. Apabila suatu bank atau lembaga pembiayaan ingin memeriksa riwayat kredit debitur, Biro Informasi Kredit lah yang akan menyediakan data dalam bentuk Informasi Debitur Individual (IDI) Historis.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Skoring dalam IDI Historis di SID

IDI Historis membantu bank dan lembaga pembiayaan dalam mengatur manajemen resiko dalam peminjaman dana, sehingga dapat menghindari penunggakan dan mencegah penipuan. Untuk memudahkan proses tersebut, dibentuklah sistem skoring yang merupakan penilaian kelayakan debitur. Skor tersebut merupakan interpretasi dari penilaian tersebut yang terbagi dalam lima jenis kolektibilitas:

  • Kolektibilitas 1 : kredit lancar
  • Kolektibilitas 2 : kredit dalam perhatian khusus/DPK
  • Kolektibilitas 3 : kredit tidak lancar
  • Kolektibilitas 4 : kredit diragukan
  • Kolektibilitas 5 : kredit macet

Semakin rendah skor debitur, maka semakin sulit untuk mendapatkan pinjaman. Namun, debitur juga diberikan kesempatan untuk memperbaiki skor yang dimiliki dengan beberapa program keringanan yang disediakan oleh bank seperti:

  1. Potongan atau diskon sekali bayar
  2. Perpanjangan cicilan dengan bunga rendah
  3. Diskon cicilan

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍