Sharpe Ratio

Definisi Sharpe Ratio

Rasio Sharpe menyesuaikan kinerja portofolio yang lalu—atau kinerja masa depan yang diharapkan—untuk risiko berlebih yang diambil oleh investor.

Apa itu Sharpe Ratio?

Sharpe Ratio menggambarkan berapa banyak kelebihan pengembalian yang Anda terima untuk volatilitas ekstra yang Anda alami karena memegang aset yang lebih berisiko. Singkatnya, semakin besar risiko aset yang Anda pegang, maka semakin besar keuntungan yang harus didapatkan.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Cara Menghitung Sharpe Ratio

Pertama, investor mengurangi tingkat bebas risiko dari tingkat pengembalian portofolio. Kemudian, mereka membagi hasilnya dengan standar deviasi dari kelebihan pengembalian portofolio. Perhatikan bahwa, dalam menggunakan standar deviasi, rumus ini secara implisit mengasumsikan bahwa pengembalian portofolio terdistribusi secara normal, yang mungkin sebenarnya tidak demikian.

Contoh Penggunaan Sharpe Ratio

Manajer Investasi A menghasilkan pengembalian 15%, dan Manajer Investasi B menghasilkan pengembalian 12%. Tampaknya manajer A adalah pemain yang lebih baik. Namun, jika manajer A mengambil risiko yang lebih besar daripada manajer B, mungkin manajer B memiliki tingkat pengembalian yang disesuaikan dengan risiko yang lebih baik.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍