Shareholder

Definisi Shareholder

Apa itu Shareholder?

Shareholder, juga biasa disebut sebagai pemegang saham, adalah orang, perusahaan, atau lembaga yang memiliki setidaknya satu saham perusahaan, yang disebut ekuitas. Karena pemegang saham pada dasarnya adalah pemilik perusahaan, mereka menuai keuntungan dari kesuksesan bisnis. Imbalan ini datang dalam bentuk peningkatan valuasi saham, atau sebagai keuntungan finansial yang dibagikan sebagai dividen. Sebaliknya, ketika perusahaan kehilangan uang, harga saham selalu turun, yang dapat menyebabkan pemegang saham kehilangan uang, atau menderita penurunan nilai portofolionya.

Pemegang saham tunggal yang memiliki dan mengendalikan lebih dari 50% saham perusahaan yang beredar dikenal sebagai pemegang saham mayoritas, sedangkan mereka yang memiliki kurang dari 50% saham perusahaan diklasifikasikan sebagai pemegang saham minoritas.

Dalam banyak kasus, pemegang saham mayoritas adalah pendiri perusahaan. Di perusahaan yang lebih tua, pemegang saham mayoritas sering kali merupakan keturunan dari pendiri perusahaan. Dalam kedua kasus tersebut, dengan mengendalikan lebih dari separuh hak suara perusahaan, pemegang saham mayoritas memiliki kekuatan yang cukup besar untuk mempengaruhi keputusan operasional utama, termasuk penggantian anggota dewan, dan eksekutif tingkat C seperti kepala eksekutif (CEO) dan personel senior lainnya. Untuk alasan ini, perusahaan sering berusaha menghindari pemegang saham mayoritas di antara jajaran mereka. Selain itu, tidak seperti pemilik perseorangan atau kemitraan, pemegang saham perusahaan tidak bertanggung jawab secara pribadi atas hutang perusahaan dan kewajiban keuangan lainnya. Oleh karena itu, jika sebuah perusahaan bangkrut, kreditornya tidak dapat menargetkan aset pribadi pemegang saham.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍