Settlement

Definisi Settlement

Apa itu Settlement?

Settlement adalah fase penyelesaian dalam transaksi saham. Settlement juga merupakan pertukaran uang dan surat berharga antara pihak-pihak yang berdagang pada tanggal penyelesaian setelah menyepakati perdagangan sebelumnya. Sebagian besar settlement atau penyelesaian perdagangan efek saat ini dilakukan secara elektronik. Perdagangan saham diselesaikan dalam 2 hari kerja (T+2), sedangkan obligasi dan opsi pemerintah diselesaikan pada hari kerja berikutnya (T+1). Waktu penyelesaian T+3 yang lazim sebelum 2018 dipersingkat oleh SEC pada tahun 2017 menjadi T+2.

Transaksi valuta asing yang melibatkan mata uang dari negara-negara Amerika utara memiliki tanggal settlement T+1, sedangkan perdagangan saham yang melibatkan mata uang di luar Amerika Utara memiliki tanggal settlement T+2. Di futures atau berjangka, settlement mengacu pada mark-to-market akun menggunakan harga penutupan akhir untuk hari itu. Penyelesaian berjangka dapat menghasilkan margin call jika dana tidak cukup untuk menutupi harga penutupan yang baru.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Periode Settlement

Periode settlement adalah waktu antara tanggal perdagangan dan tanggal penyelesaian. Dalam industri sekuritas, periode settlement mengacu pada waktu antara tanggal perdagangan - bulan, hari, dan tahun ketika pesanan dieksekusi di pasar - dan tanggal penyelesaian - ketika perdagangan dianggap final. Ketika saham atau surat berharga lainnya dibeli atau dijual, pembeli dan penjual harus memenuhi kewajiban mereka untuk menyelesaikan transaksi. Selama periode settlement, pembeli harus membayar saham, dan penjual harus menyerahkan saham. Pada hari terakhir periode settlement, pembeli menjadi pemegang catatan keamanan.

Proses Clearing dan Settlement Saat Menjual Saham

Proses ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

1. Trade Execution (Eksekusi Perdagangan)

Adalah di mana pesanan beli atau jual dieksekusi oleh Anda. Ini terjadi pada Hari T.

2. Clearing (Kliring)

Adalah di mana entitas yang bertanggung jawab mengidentifikasi jumlah saham yang dimiliki penjual dan jumlah uang yang harus dibayar pembeli untuk setiap perdagangan. Ini juga menentukan kewajiban semua pihak dan menilai risiko. Proses ini dilakukan pada Hari T+1.

3. Settlement (Penyelesaian)

Adalah di mana saham dipindahkan dari rekening penjual ke rekening pembeli, dan uang dipindahkan dari pembeli ke penjual. Proses Settlement dilakukan pada T+2.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍