Sero - Perseroan

Definisi Sero - Perseroan

Persekutuan antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama (corporation).

Otoritas Jasa Keuangan

/per·se·ro·an/ n perserikatan dagang; kongsi; maskapai;- terbatas (PT) perserikatan dagang atau perusahaan yang mempunyai modal bersama yang dibagi atas saham-saham (tanggung jawab pemegang saham terbatas sampai nilai nominal saham yang dimiliki); - tidak terbatas firma.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa itu Perseroan?

Perseroan adalah badan hukum yang terpisah dan berbeda dari pemiliknya. Perseroan memiliki sebagian besar hak dan tanggung jawab yang dimiliki individu: mereka dapat membuat dan menandatangani kontrak, meminjam dan meminjamkan uang, menuntut dan dituntut, mempekerjakan karyawan, memiliki aset, dan membayar pajak. 

Sebagian besar bisnis di seluruh dunia menggunakan Perseroan. Sementara status hukum tepatnya bervariasi dari yurisdiksi ke yurisdiksi lainnya, aspek terpenting perseroan adalah kewajiban terbatas. Ini berarti bahwa pemegang saham dapat mengambil bagian dalam laba melalui dividen dan apresiasi saham tetapi tidak secara pribadi bertanggung jawab atas hutang perseroan.

Tujuan Perseroan

Perseroan didirikan oleh sekelompok pemegang saham yang memiliki kepemilikan korporasi, diwakili oleh kepemilikan saham biasa, untuk mengejar tujuan bersama. Sasaran perseroan bisa menguntungkan atau tidak. Namun, sebagian besar perseroan memiliki untuk memberikan pengembalian modal bagi para pemegang sahamnya. Pemegang saham, sebagai pemilik persentase perusahaan, hanya bertanggung jawab atas pembayaran saham mereka kepada kas perseroan setelah diterbitkan. Suatu perseroan dapat memiliki satu atau beberapa pemegang saham. Dengan perseroan publik, seringkali ada ribuan pemegang saham. Perseroan yang ada dibuat dan diatur berdasarkan hukum perusahaan di yurisdiksi tempat tinggal mereka.


Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍