• Produk
  • Promo
  • Artikel

Sero - Perseroan Terbatas

Perusahaan yang berbentuk badan hukum, didirikan dengan modal yang terbagi atas saham, memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-undang Perseroan Terbatas serta peraturan pelaksanaannya; tanggung jawab pemegang saham terbatas sebesar jumlah nominal saham yang dimiliki (limited company).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Perseroan Terbatas?

Perseroan Terbatas (PT) adalah bentuk umum penggabungan yang membatasi jumlah kewajiban yang dilakukan oleh pemegang saham perusahaan. Ini mengacu pada struktur hukum yang memastikan bahwa tanggung jawab anggota perusahaan atau pelanggan terbatas pada saham mereka di perusahaan melalui investasi atau komitmen. Modal saham perusahaan jenis ini, bisa saja dimiliki bisa dijual kepada pihak lain. Artinya, sangat memungkinkan terjadi perubahan organisasi atau kepemilikan perusahaan tanpa harus membubarkan dan mendirikan perusahaan kembali. Akan tetapi, tidak seperti perusahaan publik di mana siapa pun dapat membeli saham, keanggotaan dalam perseroan terbatas diatur oleh peraturan dan hukum perusahaan.

Keuntungan utama dari perusahaan terbatas adalah pemisahan aset dan pendapatan dari perusahaan dan pemilik dan investor melalui kewajiban terbatas. Ini berarti bahwa jika sebuah perusahaan bangkrut, pemegang saham hanya dapat kehilangan sebanyak investasi asli mereka dan tidak lebih - kreditor atau pemangku kepentingan lainnya tidak dapat mengklaim aset atau pendapatan pribadi pemilik. Karena kewajibannya yang  terbatas, investor lebih “senang” untuk mengambil risiko modal karena kerugian yang akan mereka tanggung juga tidak terlalu besar, sebatas apa yang mereka investasikan.

Manfaat Perseroan Terbatas

Perseroan Terbatas memiliki berbagai manfaat dan keuntungan, di antaranya:

  1. Ada pembatasan secara hukum antara harta perusahaan dan harta pemiliknya
  2. Perseroan terbatas diizinkan untuk memiliki aset dan mempertahankan laba apa pun yang dihasilkan setelah pajak.
  3. Dapat membuat kontrak sendiri.

Variasi Perseroan Terbatas

Struktur perseroan yang terbatas dikodifikasi di banyak negara, meskipun peraturan yang mengaturnya dapat sangat berbeda dari satu negara ke negara lain. Misalnya, di Britania Raya, ada perseroan terbatas swasta dan perseroan terbatas publik.

Perseroan terbatas swasta tidak diizinkan menawarkan saham kepada publik. Namun, mereka adalah struktur paling populer untuk bisnis kecil. Perseroan terbatas publik (PLC) dapat menawarkan saham kepada publik untuk meningkatkan modal. Saham-saham tersebut dapat diperdagangkan di bursa saham begitu ambang nilai total saham dipenuhi (setidaknya GBP50.000). Struktur seperti ini banyak digunakan oleh perusahaan besar.

Di Amerika Serikat, perseroan terbatas lebih dikenal dengan sebutan korporasi (corp.) Atau gabungan (Inc.). Beberapa negara mengizinkan penggunaan Ltd. (terbatas) setelah nama perusahaan. Penunjukan seperti itu tergantung pada pengarsipan dokumen yang benar; hanya menambahkan akhiran ke nama perusahaan tidak memberikan perlindungan tanggung jawab apa pun. Perseraan terbatas di AS diwajibkan untuk mengajukan pajak perusahaan setiap tahun dengan regulator.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo