• Produk
  • Promo
  • Artikel

Sero - Perseroan Komanditer

Firma yang di antara para anggotanya terdapat seorang atau lebih yang tidak turut campur dalam pengurusan dan tidak berhak bertindak untuk dan atas nama firma serta mengikat firma dengan pihak ketiga dan tanggung jawabnya terbatas sampai dengan sejumlah uang yang dimasukkannya ke dalam firma (commanditaire vennoo tschap).

Perseroan Komanditer Adalah

Menurut pasal 1 butir 5 Rancangan Undang-undang Usaha Perseorangan dan Badan Usaha Perseroan Komanditer atau CV adalah badan usaha bukan badan hukum yang mempunyai satu atau lebih sekutu komplementer dan sekutu komanditer.  

Perseroan komanditer merupakan kemitraan yang terdiri dari dua atau lebih mitra. Mitra umum mengawasi dan menjalankan bisnis sementara mitra terbatas tidak ikut serta dalam mengelola bisnis. Namun, mitra umum memiliki kewajiban yang tidak terbatas untuk hutang, dan setiap mitra terbatas memiliki kewajiban terbatas hingga jumlah investasi mereka.

Hal ini diatur pada pasal 20 KUHD yang menjelaskan dalam menjalankan kegiatan usahanya, bisnis CV dilakukan oleh para persero aktif. Mereka yang bertanggung jawab untuk melakukan tindakan pengurusan atau bekerja dalam perseroan tersebut. 

Sementara pemberi modal, atau komanditer tidak bisa terlibat dalam aktivitas perusahaan. Akan tetapi, persero komanditer tidak akan memikul kerugian yang berjumlah lebih besar dari modal yang disetorkannya ke perusahaan. 

Mereka yang terlibat dalam perseroan komanditer harus memiliki perjanjian yang menentukan cara membuat keputusan bisnis. Keputusan-keputusan ini termasuk cara membagi laba atau rugi, menyelesaikan konflik, dan mengubah struktur kepemilikan, dan bagaimana menutup bisnis, jika perlu.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Induk Perusahaan

“Perusahaan yang memiliki satu atau lebih perusahaan lain dan mengendalikannya melalui hak suara atas dasar persentase kepemilikan sahamnya pada tiap perusahaan yang bersangkutan; pada umumnya, perusahaan induk memiliki usaha tersendiri; namun, apabila perusahaan induk tidak memiliki usaha tersendiri, perusahaan induk seperti itu merupakan perusahaan grup usaha (holding company) disebut juga perusahaan induk (parent company).”

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Anak Perusahaan

“Perusahaan yang turut atau sepenuhnya dikendalikan oleh perusahaan lain karena sebagian besar atau seluruh modalnya dimiliki oleh perusahan lain tersebut; perusahaan anak (subsidiary company).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo