• Produk
  • Promo
  • Artikel

Serikat Pekerja

Asosiasi atau perkumpulan dan pekerja dan suatu organisasi atau perusahaan yang memiliki tujuan yang sama untuk melindungi hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada; apabila terjadi permasalahan yang berkaitan dengan hak-hak pekerja yang menjadi anggota, pengurus serikat kerja membantu menanganinya atas nama pekerja dengan melakukan pembicaraan atau negosiasi dengan pihak menajemen perusahaan atau pemilik untuk menyelesaikannya (labour union).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Serikat Pekerja?

Serikat pekerja adalah organisasi yang mewakili kepentingan kolektif karyawan. Serikat pekerja membantu pekerja bersatu untuk bernegosiasi dengan pengusaha mengenai upah, jam kerja, tunjangan, dan kondisi kerja lainnya. Mereka seringkali spesifik untuk industri dan cenderung lebih umum di bidang manufaktur, pertambangan, konstruksi, transportasi, dan sektor publik.

Fungsi Serikat Pekerja

Serikat pekerja bekerja seperti demokrasi, mengadakan pemilihan untuk menunjuk petugas. Petugas serikat ditugasi untuk membuat keputusan yang bermanfaat bagi peserta serikat. Karyawan anggota serikat biasanya  membayar iuran kepada serikat yang menaunginya. Sebagai imbalannya, serikat pekerja bertindak sebagai advokat atas nama karyawan.

Serikat pekerja ada di banyak negara di seluruh dunia, termasuk negara-negara maju seperti Swedia, Jerman, Perancis, dan Inggris. Banyak serikat besar akan secara aktif melobi legislator  baik di tingkat lokal maupun federal  untuk mencapai tujuan yang mereka anggap bermanfaat bagi para anggota mereka.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bahaya Pekerjaan

Bahaya yang mungkin terjadi dalam menjalankan tugas pekerjaan, misalnya kecelakaan kerja (occupational hazard).

Selengkapnya

Pekerja Kantor

Pekerja yang banyak menggunakan daya pikiran dalam melakukan pekerjaan (white - collar worker).

Selengkapnya

Bank Pegawai

“Bank yang sahamnya dimiliki serikat pekerja atau serikat buruh yang secara otomatis setiap anggota serikat pekerja atau serikat buruh itu juga menjadi pemegang saham bank pegawai tersebut.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo