Seed Funding

Definisi Seed Funding

Jenis pembiayaan yang digunakan dalam pembentukan suatu startup atau perusahaan startup. Seed capital adalah bisa juga dikatakan sebagai modal dasar pembentukan startup.

Apa itu Seed Funding?

Seed Funding, atau modal benih, disebut demikian karena uang tersebut dikumpulkan oleh bisnis dalam masa pertumbuhan atau tahap awal tanpa harus dalam jumlah uang yang besar. Karena berasal dari keuangan pribadi, seringkali jumlahnya relatif kecil. Uang ini umumnya hanya mencakup hal-hal penting yang dibutuhkan startup seperti business plan, biaya operasional awal—sewa, peralatan, penggajian, asuransi, dan/atau biaya penelitian dan pengembangan.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Seed Funding vs. Angel Investing

Angel investor profesional terkadang memberikan seed money baik melalui pinjaman atau sebagai imbalan atas ekuitas di perusahaan masa depan. Investor ini umumnya adalah individu dengan kekayaan bersih tinggi dan mungkin berasal dari jaringan pribadi pendiri startup. Angel investor sering melakukan peran langsung dalam membantu mengembangkan perusahaan dari awal. Jika Angel investor memberikan kontribusi kurang dari $ 1 juta, uang itu biasanya dalam bentuk pinjaman. Bagi pengusaha, ini dapat memecahkan masalah dalam menarik seed money yang cukup, mengingat keengganan lembaga keuangan dan bahkan pelaku venture capital untuk mengambil risiko yang cukup besar. Ketika memberikan kontribusi lebih dari $1 juta, Angel investor biasanya lebih memilih ekuitas benih dan menjadi pemilik bersama dari startup dan pemegang saham preferen dengan hak suara.

Seed Capital vs. Venture Capital

Seed capital dan venture capital kerap dianggap sama. Seed capital umumnya digunakan untuk mengembangkan ide bisnis hingga dapat disajikan secara efektif kepada perusahaan venture capital yang memiliki sejumlah besar uang untuk diinvestasikan. Jika perusahaan venture capital menyukai ide tersebut, mereka umumnya mendapatkan saham dalam usaha baru sebagai imbalan atas investasi dalam pengembangannya.

Kapitalis ventura menyediakan bagian terbesar dari uang yang dibutuhkan untuk memulai bisnis baru. Ini adalah investasi yang cukup besar, membayar untuk pengembangan produk, riset pasar, dan produksi prototipe. Kebanyakan startup pada tahap ini memiliki kantor, staf, dan konsultan, meskipun mereka mungkin tidak memiliki produk yang sebenarnya.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍