• Produk
  • Promo
  • Artikel

Sedia - Persediaan Barang

Pembiayaan perusahaan: nilai bahan mentah, barang dalam proses, dan barang jadi, peralatan operasional yang dimiliki suatu perusahaan; pembiayaan pribadi: daftar seluruh aset yang dimiliki seseorang berikut nilainya berdasarkan biaya, nilai pasar, ataupun keduanya; persediaan seperti ini biasanya diwajibkan untuk tujuan asuransi properti dan menjadi persyaratan untuk suatu permohonan kredit; inventaris surat berharga: posisi beli (short) atau jual bersih (long) dari seorang diler, juga surat berharga yang dibeli dan disimpan oleh diler untuk dijual pada kemudian hari (inventory).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Persediaan Barang?

Persediaan adalah istilah untuk barang yang tersedia untuk dijual dan bahan baku yang digunakan untuk memproduksi barang yang tersedia untuk dijual. Persediaan merupakan salah satu aset terpenting dari bisnis karena perputaran persediaan merupakan salah satu sumber utama penghasil pendapatan dan pendapatan berikutnya bagi pemegang saham perusahaan.

Persediaan adalah serangkaian barang jadi atau barang yang digunakan dalam produksi yang dipegang oleh perusahaan. Persediaan diklasifikasikan sebagai aset lancar pada neraca perusahaan, dan berfungsi sebagai penyangga antara manufaktur dan pemenuhan pesanan. Ketika item persediaan terjual, biaya tercatatnya dipindahkan ke kategori harga pokok penjualan pada laporan laba rugi.

Persediaan dapat dinilai dalam tiga cara. Metode first-in, first-out (FIFO) mengatakan bahwa harga pokok penjualan didasarkan pada biaya bahan yang paling awal dibeli, sedangkan biaya tercatat sisa persediaan didasarkan pada biaya bahan yang terakhir dibeli. Metode last-in, first-out (LIFO) menyatakan bahwa harga pokok penjualan dinilai menggunakan biaya bahan yang dibeli terakhir, sedangkan nilai sisa persediaan didasarkan pada bahan yang paling awal dibeli. Metode rata-rata tertimbang membutuhkan penilaian persediaan dan harga pokok penjualan berdasarkan biaya rata-rata semua bahan yang dibeli selama periode tersebut.

Jenis Persediaan

Persediaan barang umumnya dikategorikan sebagai bahan baku, barang dalam proses, dan barang jadi. Bahan baku adalah bahan yang tidak diproses yang digunakan untuk menghasilkan barang. Contoh bahan baku termasuk aluminium dan baja untuk pembuatan mobil, tepung untuk produksi roti roti, dan minyak mentah yang dipegang oleh kilang.

Persediaan barang setengah jadi adalah barang jadi sebagian menunggu penyelesaian dan dijual kembali; persediaan barang dalam proses atau dikenal sebagai persediaan di lantai produksi. Misalnya, pesawat yang setengah jadi atau kapal pesiar yang sudah selesai sebagian akan berfungsi dalam proses.

Barang jadi adalah produk yang telah menyelesaikan produksi dan siap untuk dijual. Pengecer biasanya menyebut inventaris ini sebagai "barang dagangan." Contoh umum barang dagangan termasuk barang elektronik, pakaian, dan mobil yang dipegang oleh pengecer.

Manfaat Manajemen Persediaan

Memiliki jumlah persediaan yang tinggi untuk waktu yang lama biasanya tidak menguntungkan untuk bisnis karena biaya penyimpanan, biaya pembusukan, dan ancaman keusangan. Namun, memiliki terlalu sedikit inventaris juga memiliki kekurangan; misalnya, bisnis menjalankan risiko erosi pangsa pasar dan kehilangan keuntungan dari penjualan potensial. Prakiraan dan strategi manajemen persediaan, seperti sistem persediaan just-in-time (JIT) (dengan biaya backflush), dapat membantu meminimalkan biaya persediaan karena barang dibuat atau diterima hanya ketika dibutuhkan.

 

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Barang Konsumsi

Barang yang dipakai secara langsung atau tidak langsung oleh konsumen untuk keperluan pribadi atau rumah tangga yang bersifat sekali habis; barang tersebut berbeda dengan barang yang digunakan dalam proses produksi (consumption goods; consumer goods).

Selengkapnya

Pembentukan Persediaan

Pembentukan atau persediaan barang atau bahan mentah sebagai cadangan untuk menghadapi keadaan darurat, misalnya menyimpan persediaan bahan makanan pada saat perang (stockpiling).

Selengkapnya

Barang Modal

Harta berwujud yang umumnya digunakan untuk memproduksi barang lain sebagai produk perusahaan (capital goods).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo