• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Saham Aktif

"Saham yang banyak diperdagangkan di bursa (active stock)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Saham Aktif?

Saham didefinisikan sebagai sebuah satuan nilai atau juga sebagai sebuah pembukuan dalam berbagai jenis instrumen finansial, di mana kepemilikan sebuah perusahaan merupakan acuannya. Saham yang dimiliki ini selanjutnya akan menjadi sebuah jaminan dalam pendanaan yang sifatnya jangka panjang. Dalam sebuah hak kepemilikan, hak ini diantaranya merupakan hak suara yang dapat digunakan dalam sebuah rapat umum pemegang saham.

Saham-saham yang banyak digunakan para trader dan banyak ditradingkan seperti ini yang disebut dengan istilah saham aktif.

Investor Aktif atau Pasif?

Investor aktif

Investor aktif atau active investing adalah sebuah strategi investasi yang memerlukan tindakan investasi secara berulang-ulang. Artinya, kamu sebagai investor akan secara rutin membaca kinerja investasi yang kamu lakukan, lalu secara cekatan mengambil sikap baik membeli dan menjual investasi kamu sesuai analisa yang sudah dilakukan. Strategi ini membutuhkan kejelian dalam membaca keadaan. Untuk itu, tren pasar, kondisi ekonomi dan politik, kinerja perusahaan (emiten), semuanya merupakan faktor yang berdampak terhadap pengambilan keputusan dalam strategi investasi aktif.

Investor Pasif

Berkebalikan dengan investor aktif, strategi investasi pasif adalah membiarkan investasi kamu mengikuti naik turun performa indeks pasar, tanpa perlu sering bereaksi. Strategi ini tepat untuk kamu yang ingin berinvestasi jangka panjang, sehingga tidak harus selalu memantau kinerja investasi setiap hari. Bagi seorang investor pasif, memiliki prinsip untuk tidak tergoda geliat pasar pun menjadi hal yang penting. Hal ini untuk menghindarkan diri kamu dari godaan untuk bereaksi atau pun mengantisipasi berbagai perkembangan di pasar.

Berikut Daftar Indeks IDX High Dividend 20 Periode 2019

  1. ADRO
  2. ASII
  3. BBCA
  4. BBNI
  5. BBRI
  6. BBTN
  7. BJBR
  8. BJTM
  9. BMRI
  10. GGMR
  11. HMSP
  12. INDF
  13. INTP
  14. ITMG
  15. LPPF
  16. PTBA
  17. TLKM
  18. UNTR
  19. UNVR

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Saham Unggulan

“Saham suatu perusahaan yang paling laku di bursa dan bernilai tinggi. Biasanya, perusahaan tersebut mempunyai reputasi yang baik yang ditandai dengan tingkat pertumbuhan laba yang tinggi.”

Selengkapnya

Agio Saham

"Agio Saham adalah APIC (additional paid in capital), yaitu kekayaan bersih perusahaan yang berasal dari penilaian atau penjualan saham di atas harga / nilai pari."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo