Risk Management

Definisi Risk Management

Apa itu Risk Management?

Risk Management atau yang selanjutnya disebut dengan Manajemen Risiko adalah proses mengidentifikasi, menilai, dan mengendalikan ancaman terhadap modal dan pendapatan organisasi. Ancaman atau risiko ini dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk ketidakpastian keuangan, kewajiban hukum, kesalahan manajemen strategis, kecelakaan dan bencana alam. Ancaman keamanan IT dan risiko terkait data, serta strategi manajemen risiko untuk mengatasinya, telah menjadi prioritas utama bagi perusahaan digital. Akibatnya, rencana manajemen risiko semakin memasukkan proses perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengendalikan ancaman terhadap aset digitalnya, termasuk data perusahaan milik, informasi identitas pribadi pelanggan, dan kekayaan intelektual.

Setiap bisnis dan organisasi menghadapi risiko kejadian berbahaya yang tidak terduga yang dapat menghabiskan uang perusahaan atau menyebabkannya tutup secara permanen. Manajemen risiko memungkinkan organisasi untuk mencoba mempersiapkan hal yang tidak terduga dengan meminimalkan risiko dan biaya tambahan sebelum terjadi.

 

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Fungsi & Manfaat Manajemen Risiko

Dengan menerapkan rencana manajemen risiko dan mempertimbangkan berbagai potensi risiko atau peristiwa sebelum terjadi, organisasi dapat menghemat uang dan melindungi masa depan mereka. Ini karena rencana manajemen risiko yang kuat akan membantu perusahaan menetapkan prosedur untuk menghindari potensi ancaman, meminimalkan dampaknya jika terjadi, dan mengatasi hasilnya. Kemampuan untuk memahami dan mengendalikan risiko memungkinkan organisasi menjadi lebih percaya diri dalam keputusan bisnis mereka. Selain itu, prinsip tata kelola perusahaan yang kuat yang secara khusus berfokus pada manajemen risiko dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Manfaat penting lainnya dari manajemen risiko meliputi:

  • Menciptakan lingkungan kerja yang aman dan terjamin untuk semua staf dan pelanggan.
  • Meningkatkan stabilitas operasi bisnis sekaligus mengurangi tanggung jawab hukum.
  • Memberikan perlindungan dari kejadian yang merugikan baik perusahaan maupun lingkungan.
  • Melindungi semua orang dan aset yang terlibat dari potensi bahaya.
  • Membantu menetapkan kebutuhan asuransi organisasi untuk menghemat premi yang tidak perlu.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍