Risk Adjusted Return

Definisi Risk Adjusted Return

Risk Adjusted Return adalah imbal hasil pada instrumen investasi yang didapat setelah dilakukan perhitungan risiko pada instrumen dalam menghasilkan return. Indikator yang digunakan adalah standar deviasi return instrumen investasi. Misalnya, nilai Risk Adjusted Return sebesar 0,58% suatu instrumen investasi diinterpretasikan sebagai instrumen yang menawarkan 0,58% untuk setiap 1% resiko yang ditanggung investor.

bareksa.com

Jenis Pengukuran Risk Adjusted Return

Dalam mengukur risiko dalam sebuah investasi, digunakan beberapa metode pengukuran sebagai berikut:

• Alfa (Jensen's alpha)

• R-squared (kuadrat).

• Standar Deviasi.

• Rasio Sharpe.

• Rasio Treynor

Pengukuran resiko tiap metode menghasilkan hasil yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui dengan jelas jenis pengembalian mana yang akan disesuaikan dengan resiko.

Contoh pengukuran Risk Adjusted Return dengan menggunakan Rasio Shape

Rasio shape mengukur keuntungan investasi yang melebihi tingkat imbal hasil bebas risiko dengan standar deviasi. Rasio Sharpe dihitung dengan melihat keuntungan investasi, lalu dikurangi dengan risk free rate kemudian dibagi dengan standar deviasinya. Berikut adalah contoh dari pengukuran Risk Adjusted Return dengan menggunakan Rasio Shape:

Reksa Dana X memiliki profit 9% setahun terakhir dan memiliki standar deviasi 7%, Reksa Dana Y memiliki profit 10% dan memiliki deviasi standar 9%. Berapa Sharpe rasionya jika tingkat suku bunga bebas senilai 5%?

Reksa Dana X: (9% - 5%) / 5% = 0,8%

Reksa Dana Y: (10% - 5%) / 9% = 0,5%

Meski Reksa Dana Y memiliki tingkat pengembalian yang lebih tinggi, namun Reksa Dana X memiliki tingkat pengembalian yang lebih disesuaikan dengan risiko tinggi, artinya Reksa Dana Y mengandung risiko lebih besar daripada Reksa Dana X.


Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍