Right Issue

Definisi Right Issue

aksi korporasi suatu perusahaan dalam penerbitan saham baru yang memberikan hak bagi pemegang sahamnya untuk membeli saham baru perusahaan tersebut pada harga tertentu.

Bareksa

Apa itu Right Issue?

Right Issue merupakan aksi korporasi suatu perusahaan dalam penerbitan saham baru yang memberikan hak bagi pemegang sahamnya untuk membeli saham baru perusahaan tersebut pada harga tertentu. Dalam Undang-Undang Pasar Modal Indonesia, right issue disebut sebagai Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Aksi ini hanya bisa dilakukan pada perusahaan yang sebelumnya telah melakukan penjualan saham perdana ke publik (initial public offering /IPO).

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Keuntungan Right Issue

  1. Mendapatkan dana segar tanpa harus menambah liabilitas dengan meminjam dana ke bank atau institusi lainnya. Jika dana segar didapatkan dari utang, maka hal tersebut akan menambah beban operasional dan untuk pembayarannya tentu akan mengurangi persentase laba bersih perusahaan terkait.
  2. Dapat meningkatkan kepercayaan para pemegang saham. Seperti diketahui bahwa dalam penerbitan Rights Issue, perusahaan terlebih dahulu menawarkan saham ke para pemegang saham lama dengan harga spesial.

Kerugian Right Issue

  1. Munculnya dilusi kepemilikan saham. Hal itu muncul lantaran ketika pemegang saham tidak menebus hak atas saham yang diterbitkan lewat Rights Issue, maka kepemilikan saham mereka bisa berkurang.
  2. Tidak adanya jaminan kesuksesan bagi perusahaan yang telah menerbitkan Rights Issue. Rights issue sendiri dilakukan hanya untuk mendapatkan modal tambahan atau dana segar yang bisa digunakan untuk kebutuhan operasional.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍