Revenue

Definisi Revenue

Apakah itu Revenue?

Revenue atau yang bisa diartikan pendapatan adalah penghasilan yang dihasilkan dari operasi bisnis normal dan termasuk diskon dan potongan untuk barang dagangan yang dikembalikan. Ini adalah angka pendapatan bruto atau baris teratas dari mana biaya dikurangkan untuk menentukan pendapatan bersih.

Pendapatan adalah uang yang dibawa ke dalam perusahaan melalui aktivitas bisnisnya. Pendapatan juga dikenal sebagai penjualan, seperti dalam rasio harga terhadap penjualan - alternatif rasio harga terhadap pendapatan yang menggunakan pendapatan dalam penyebut.

Ada berbagai cara untuk menghitung pendapatan, bergantung pada metode akuntansi yang digunakan. Akuntansi akrual akan mencakup penjualan yang dilakukan secara kredit sebagai pendapatan untuk barang atau jasa yang dikirimkan ke pelanggan. Laporan arus kas perlu diperiksa untuk menilai seberapa efisien perusahaan mengumpulkan uang yang terhutang. Akuntansi tunai, di sisi lain, hanya akan menghitung penjualan sebagai pendapatan saat pembayaran diterima. Uang tunai yang dibayarkan ke sebuah perusahaan dikenal sebagai "tanda terima". Dimungkinkan untuk memiliki tanda terima tanpa pendapatan. Misalnya, jika pelanggan membayar di muka untuk layanan yang belum diberikan atau barang yang tidak terkirim, aktivitas ini mengarah pada tanda terima tetapi bukan pendapatan.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Pentingnya Revenue

Revenue dikenal sebagai baris teratas karena muncul pertama kali pada laporan laba rugi perusahaan. Pendapatan bersih, juga dikenal sebagai garis bawah, adalah pendapatan dikurangi biaya. Ada keuntungan ketika pendapatan melebihi biaya. Untuk meningkatkan laba, dan karenanya laba per saham bagi pemegang sahamnya, perusahaan meningkatkan pendapatan dan / atau mengurangi biaya. Investor sering kali mempertimbangkan pendapatan dan laba bersih perusahaan secara terpisah untuk menentukan kesehatan bisnis. Mungkin saja laba bersih tumbuh sementara pendapatan tetap stagnan karena pemotongan biaya.

Situasi seperti itu bukan pertanda baik bagi pertumbuhan jangka panjang perusahaan. Ketika perusahaan publik melaporkan pendapatan kuartalannya, dua angka yang paling mendapat perhatian adalah pendapatan dan laba per saham ("penghasilan" setara dengan laba bersih). Pergerakan harga saham selanjutnya umumnya berkorelasi dengan apakah perusahaan mengalahkan atau melewatkan pendapatan analis dan ekspektasi laba per saham.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍