Remunerasi

Definisi Remunerasi

Apa Itu Remunerasi?

Remunerasi adalah pembayaran atau kompensasi yang diterima untuk layanan atau pekerjaan. Ini termasuk gaji pokok dan bonus atau tunjangan ekonomi lainnya yang diterima karyawan atau eksekutif selama bekerja. Besarnya remunerasi dan bentuknya bergantung pada banyak faktor, termasuk:

  • Nilai karyawan bagi perusahaan

Apakah orang tersebut bekerja penuh waktu atau paruh waktu, memegang posisi eksekutif atau level awal, dll.

  • Jenis pekerjaan 

Apakah itu gaji per bulan atau gaji per jam, apakah penghasilannya adalah komisi atau gaji pokok, posisi tip, dll.

  • Model bisnis perusahaan 

Beberapa perusahaan menawarkan bonus atau opsi saham karyawan sementara yang lain tidak.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Jenis Remunerasi

Remunerasi mengacu pada imbalan moneter yang diterima karyawan, tetapi imbalan ini dapat mengambil bentuk yang berbeda. Misalnya, beberapa posisi membayar gaji, sementara yang lain membayar per jam. Banyak posisi penjualan menawarkan komisi atas penjualan yang dilakukan oleh seorang karyawan atau persentase dari jumlah yang terjual. Beberapa dari posisi yang ditugaskan ini menawarkan gaji pokok, sedangkan yang lain hanya bergantung pada komisi. Banyak posisi di industri jasa makanan dan perhotelan mengandalkan tip, karena gaji pokok mereka tidak memenuhi upah minimum.

Jenis remunerasi lainnya adalah kompensasi yang ditangguhkan, yang menyisihkan pendapatan karyawan untuk ditebus di kemudian hari. Salah satu contoh umum dari ini adalah program pensiun.

Remunerasi juga mengacu pada manfaat yang diterima karyawan dari perusahaannya. Ini bisa datang dalam bentuk asuransi kesehatan, keanggotaan gym, penggunaan perangkat seluler perusahaan atau mobil perusahaan atau lainnya, tergantung pada perusahaannya. Jika seorang karyawan terluka atau menjadi cacat selama bekerja, dia juga berhak atas kompensasi pekerja.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍