Reksadana Obligasi

Definisi Reksadana Obligasi

Apa itu Reksadana Obligasi?

Reksadana Obligasi adalah reksadana yang sebagian besar berinvestasi pada obligasi atau surat utang, baik dari pemerintah atau perusahaan yang jatuh temponya selama 1 tahun.

Kelebihan Reksadana Obligasi

Kinerja Pasar Obligasi Indonesia pada tahun 2019 tergolong solid, didorong suku bunga rendah dan return obligasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi. Dibandingkan banyak negara lain, kinerja Pasar Obligasi Indonesia menjadi salah satu yang paling tinggi. Bila suku suku bunga bank turun, dan investor mencari investasi yang baik, maka permintaan obligasi juga akan naik. Dengan naiknya permintaan, maka harga akan ikut naik. Bila harga naik, investasi pun cenderung untuk naik. Selain itu, kelebihan Reksadana Obligasi yang lain adalah investor bisa langsung melakukan diversifikasi dalam berbagai obligasi pemerintah dan korporasi.

Kekurangan Reksadana Obligasi

Terdapat beberapa risiko yang harus diperhatikan dalam Reksadana Obligasi. Risiko yang pertama adalah risiko fluktuasi harga. Timbulnya fluktuasi harga dapat dipengaruhi oleh perubahan tingkat suku bunga deposito dan risiko gagal bayar. Untuk risiko kedua adalah risiko gagal bayar. Ini adalah risiko utama dimana ketika penerbit Obligasi gagal memenuhi komitmen untuk membayar kupon dan pokok pada waktu yang sudah ditentukan. Ketika terjadi kegagalan bayar, maka nilai Obligasi dapat anjlok dan bukan tidak mungkin tidak ada harganya sama sekali.


Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍