• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Reksa Dana

"Reksa Dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti : saham, obligasi, dan instrumen pasar uang."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Reksa Dana?

Reksa Dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi, mengacu pada Undang-Undang No. 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal. Dengan demikian, dana yang terdapat di dalam Reksa Dana merupakan dana bersama pemodal yang kemudian dipercayakan pada pihak manajer investasi untuk mengelolanya.


Keuntungan investasi nantinya kana diperoleh lewat pembagian dividen atau bunga yang dibukukan pada NAB (Nilai Aktiva Bersih). Manajer Investasi sendiri akan mendapatkan fee dari persentase yang ditentukan dari nilai aset.

Jenis-jenis Reksa Dana

  • Reksa Dana Pasar Uang

Dengan reksa dana jenis ini, investasi dilakukan ke dalam efek yang bersifat utang dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun. Tingkat risiko reksa dana ini paling rendah dibandingkan dengan jenis lainnya dan berbanding lurus dengan keuntungan yang diterima, di mana tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan reksa dana lain.

  • Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT)

Lewat Reksa Dana Pendapatan Tetap, sekurang-kurangnya 80% dari aktivanya diinvestasikan dalam bentuk efek utang atau obligasi. Risiko reksa dana ini relatif lebih tinggi daripada Reksa Dana Pasar Uang.

  • Reksa Dana Saham

Jenis reksa dana ini melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari aktivanya ke dalam efek yang bersifat ekuitas. Risiko investasi ini juga lebih tinggi dari 2 jenis reksa dana di atas dengan tingkat pengembaliannya lebih tinggi.

  • Reksa Dana Campuran

Reksa Dana campuran merupakan perpaduan antara saham, obligasi (surat utang), dan pasar uang. Investasi dilakukan ke dalam efek utang dan ekuitas. Keuntungan yang diperoleh bisa berpotensi lebih tinggi daripada Reksa Dana Penghasilan Tetap, dengan risiko yang lebih kecil daripada Reksa Dan Saham.

Keuntungan Reksa Dana

Berikut ini adalah keuntungan yang didapatkan dengan melakukan investasi dalam Reksa Dana:

  1. Bisa dimulai dari nominal yang tidak terlalu besar dan bisa melakukan diversifikasi investasi dalam efek.
  2. Memudahkan pemodal untuk melakukan investasi di pasar modal, tanpa harus memiliki pengetahuan yang luas untuk menentukan saham mana yang baik untuk dibeli.
  3. Mudah dan lebih efisien, karena pemodal tidak harus memantau kinerja investasinya terus dan sudah dibantu oleh manajer investasi profesional.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Portofolio Investasi

"Sejumlah sekuritas yang dimiliki oleh perseorangan atau perusahaan sebagai salah satu cara penanaman modal (investment portfolio)."

Selengkapnya

Sekuritas

/se·ku·ri·tas/

Selengkapnya

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo