• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Rekening Bersama

“rekening bank yang dibuat atas nama lebih dari satu orang, biasanya pasangan atau mitra: ia dan suami sepakat membuat -- bersama”

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa itu Rekening Bersama?

Rekening bersama atau escrow adalah konsep layanan rekening dalam keuangan untuk menyimpan dana di pihak ketiga sesuai perjanjian yang disetujui antara pihak pertama dan kedua. Dana yang disimpan dalam rekening bersama hanya bisa dicairkan jika mendapat instruksi dari si penyetor atau sudah mencapai kondisi yang dipersyaratkan dalam perjanjian.

Istilah rekening bersama populer dalam transaksi jual beli online yang mana antara pelaku tidak bertemu secara langsung. Dengan adanya rekening bersama ini, tindak penipuan baik dari pembeli maupun penjual bisa dihindari. Secara sederhana, rekening bersama merupakan jembatan antara dua belah pihak.

Tak hanya dalam transaksi jual beli online, rekening bersama juga dapat dibuat di bank secara mandiri oleh dua pihak tertentu seperti oleh pasangan suami istri. Dana dalam rekening bersama hanya bisa diambil jika kedua belah pihak membubuhkan tanda tangan secara bersama. Misalnya, suami istri memiliki rekening bersama untuk biaya pendidikan anak, dana hanya bisa dicairkan jika anak sudah waktunya membutuhkan biaya pendidikan tersebut dan kedua belah pihak menyetujuinya.

Contoh Rekening Bersama

Dalam transaksi jual beli online misalnya, setelah pembeli menyetorkan atau membayarkan dananya ke pihak marketplace seperti Tokopedia, penjual tidak langsung menerima dana tersebut. Penjual harus mengirimkan barang yang dipesan dengan menggunakan kurir yang dipilih pembeli. Setelah kurir menyatakan barang telah diterima di pembeli dengan baik, pembeli dapat memutuskan melepas dana yang dimilikinya ke penjual. Jika pembeli tidak merespon dalam kurun waktu tertentu, dana juga akan tetap dilepaskan ke penjual. Dalam kasus ini, marketplace menjadi pihak ketiga yang memberikan jasa rekening bersama.

Untuk menjadi pihak penyedia layanan rekening bersama, suatu pihak harus memiliki izin dari otoritas terkait. Hal ini dikarenakan selain harus memiliki dana yang cukup, mereka juga harus memiliki keandalan sistem sesuai Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 1 angka 11.

Sebagai pihak penyedia jasa layanan, pihak ketiga bisa jadi menerapkan tarif dalam layanannya. Untuk saat ini, demi memberikan kenyamanan baik penjual dan pembeli, layanan rekening bersama di Tokopedia tidak dikenakan biaya alias masih gratis.

Keuntungan Rekening Bersama

  • Sebagai pembeli, mendapatkan keamanan bahwa penjual harus mengirimkan barang terlebih dahulu sebelum menerima uangnya.
  • Sebagai penjual, mendapatkan kepastian bahwa pembeli telah melakukan transfer dana.
  • Rekening bersama yang dibuat secara mandiri hanya bisa diambil ketika kedua belah pihak menyetujuinya sehingga tidak ada salah satu pihak diam-diam mengambil dana yang dimiliki.

Kerugian Rekening Bersama

  • Sebagai penjual, cash flow dalam bisnis menjadi terhambat karena dana tersendat di rekening bersama hingga pembeli menyatakan barang diterima atau periode waktu yang ditentukan habis. Untuk mengatasi hal ini, Tokopedia menyediakan fitur Saldo Prioritas. Dengan fitur ini, penjual bisa mendapatkan dana talangan sebelum transaksi jual beli selesai.
  • Dana bisa jadi mengendap selamanya jika tidak terdapat persetujuan dari kedua belah pihak.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Tabungan

"N tempat menabungkan uang; celengan,uang tabungan; uang simpanan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo