• Produk
  • Promo
  • Artikel

Prospektus

Apa itu Prospektus?

Prospektus adalah dokumen formal yang dipersyaratkan oleh dan diajukan kepada Bapepam yang memberikan perincian tentang penawaran investasi kepada publik. Prospektus diajukan untuk penawaran saham, obligasi, dan reksa dana. Dokumen ini dapat membantu investor membuat keputusan investasi yang lebih terinformasi karena mengandung sejumlah informasi yang relevan tentang keamanan investasi.

Perusahaan yang ingin menawarkan obligasi atau stok untuk dijual kepada publik harus mengajukan prospektus ke Bapepam sebagai bagian dari proses pendaftaran. Perusahaan harus mengajukan prospektus pendahuluan dan final, dan Bapepam memiliki pedoman khusus tentang apa yang tercantum dalam prospektus untuk berbagai sekuritas.

Prospektus mencakup beberapa informasi seperti:

  1. Ringkasan singkat tentang latar belakang perusahaan dan informasi keuangan.
  2. Nama perusahaan yang menerbitkan saham
  3. Jumlah saham
  4. Jenis sekuritas yang ditawarkan
  5. Apakah suatu penawaran bersifat publik atau pribadi
  6. Nama-nama kepala perusahaan
  7. Nama bank atau perusahaan keuangan yang melakukan penjaminan emisi

Alasan lain dikeluarkannya prospektus adalah untuk memberitahu investor tentang risiko yang terkait dengan berinvestasi di sekuritas atau dana. Meskipun perusahaan mungkin meningkatkan modal melalui penerbitan saham atau obligasi, investor harus mempelajari keuangan perusahaan untuk memastikan perusahaan cukup layak secara finansial untuk memenuhi komitmennya.

Risiko biasanya diungkapkan di awal prospektus dan dijelaskan secara lebih rinci setelahnya. Usia perusahaan, pengalaman manajemen, keterlibatan manajemen dalam bisnis, dan kapitalisasi penerbit saham juga dijelaskan. Informasi prospektus juga melindungi perusahaan penerbit terhadap klaim bahwa informasi terkait tidak sepenuhnya diungkapkan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Investor

Penanam uang atau modal; orang yang menanamkan uangnya dalam usaha dengan tujuan mendapatkan keuntungan -- besar penanam uang yang bermodal banyak; -- kecil penanam uang yang bermodal sedikit; -- publik masyarakat yang menanamkan modalnya dalam pasar modal atau bursa efek.

Selengkapnya

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo