• Produk
  • Promo
  • Artikel

Profit

/pro·fit/ n 1 untung; keuntungan; 2 manfaat

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa itu Profit?

Profit atau yang juga kita kenal dengan laba adalah hal yang menggambarkan manfaat finansial yang diwujudkan ketika pendapatan yang dihasilkan dari aktivitas bisnis melebihi biaya, ongkos, dan pajak yang terlibat dalam menopang aktivitas bisnis yang bersangkutan. Setiap keuntungan yang diperoleh disalurkan kembali ke pemilik bisnis, yang memilih untuk mengantongi uang tunai atau menginvestasikannya kembali ke bisnis. Keuntungan dihitung sebagai pendapatan total dikurangi total biaya.

Tiga jenis laba utama adalah laba kotor, laba operasi, dan laba bersih - semuanya dapat ditemukan di laporan laba rugi. Setiap jenis laba memberi analis lebih banyak informasi tentang kinerja perusahaan, terutama bila dibandingkan dengan pesaing lain dan periode tertentu.

Laba Kotor

Laba kotor adalah laba yang diperoleh perusahaan setelah dikurangi biaya yang terkait dengan pembuatan dan penjualan produknya, atau biaya yang terkait dengan penyediaan layanannya.

Laba Operasional

Perusahaan memiliki berbagai macam biaya tidak langsung yang juga mempengaruhi laba. Beberapa biaya tidak langsung yang sering dilaporkan termasuk penelitian dan pengembangan, biaya kampanye pemasaran, biaya umum dan administrasi, serta penyusutan dan amortisasi.

Laba Bersih

Margin laba bersih adalah metrik margin laba ketiga dan terakhir yang digunakan dalam analisis laporan laba rugi. Ini dihitung dengan menganalisis bagian terakhir dari laporan laba rugi dan laba bersih perusahaan setelah memperhitungkan semua biaya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Waralaba

"wa·ra·la·ba"

Selengkapnya

Laba Bersih

"Laba bersih yang diperoleh dalam tahun buku berjalan setelah dikurangi taksiran utang pajak (net profit)."

Selengkapnya

Laba

"Kelebihan pendapatan dibandingkan dengan jumlah biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan tersebut (profit)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo