Produk Domestik Bruto

Definisi Produk Domestik Bruto

Apa itu Produk Domestik Bruto?

Produk domestik bruto (PDB) adalah total nilai moneter atau pasar dari semua barang jadi dan jasa yang diproduksi di dalam perbatasan suatu negara dalam periode waktu tertentu. Sebagai ukuran luas dari produksi domestik secara keseluruhan, ini berfungsi sebagai kartu skor yang komprehensif dari kesehatan ekonomi suatu negara. Meskipun PDB biasanya dihitung setiap tahun, terkadang juga dihitung secara triwulanan

Perhitungan PDB suatu negara mencakup semua konsumsi swasta dan publik, pengeluaran pemerintah, investasi, penambahan persediaan pribadi, biaya konstruksi yang dibayarkan, dan neraca perdagangan luar negeri. (Ekspor ditambahkan ke nilai dan impor dikurangi).

Dari semua komponen yang membentuk PDB suatu negara, neraca perdagangan luar negeri sangat penting. PDB suatu negara cenderung meningkat ketika nilai total barang dan jasa yang dijual produsen dalam negeri ke luar negeri melebihi nilai total barang dan jasa luar negeri yang dibeli konsumen dalam negeri. Ketika situasi ini terjadi, suatu negara dikatakan mengalami surplus perdagangan. Jika situasi sebaliknya terjadi - jika jumlah yang dibelanjakan konsumen domestik untuk produk luar negeri lebih besar dari jumlah total yang mampu dijual produsen dalam negeri kepada konsumen luar negeri - hal itu disebut defisit perdagangan. Dalam situasi seperti ini, PDB suatu negara cenderung menurun.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍