• Produk
  • Promo
  • Artikel

Prakiraan

Estimasi atau harapan tertentu pada masa mendatang yang didasarkan pada beberapa faktor dan asumsi, seperti data historis, keadaan pasar saat ini dan proyeksinya, tingkat suku bunga, serta permintaan pasar terhadap kredit; estimasi ini dilakukan dalam rangka pengelolaan harta dan kewajiban (asset-liability management) yang digunakan sebagai alat perencanaan dalam rangka memprakirakan jumlah penghasilan yang akan diterima pada masa yang akan datang; estimasi ini senantiasa dievaluasi dan disesuaikan menurut kondisi pasar dan kebijakan yang berlaku (forecasting).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Prakiraan?

Prakiraan adalah estimasi informatif yang bersifat prediksi dalam menentukan tren di masa mendatang menggunakan data historis sebagai inputnya. Bisnis menggunakan prakiraan untuk menentukan bagaimana mengalokasikan anggaran mereka atau merencanakan pengeluaran yang diantisipasi untuk masa mendatang. Prakiraan biasanya dibuat berdasarkan permintaan yang diproyeksikan untuk barang dan jasa yang ditawarkan.

Investor menggunakan prakiraan untuk menentukan apakah peristiwa tersebut akan berpengaruh terhadap bisnis perusahaan, seperti ekspektasi penjualan hingga proyeksi harga saham. Prakiraan juga memberikan tolak ukur bagi perusahaan yang membutuhkan perspektif operasional jangka panjang

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Ilmu Ekonomi

"n: ilmu tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang, serta berbagai masalah yang bersangkutan dengan itu, seperti tenaga kerja, pembiayaan, dan keuangan;ilmu pengetahuan tentang kegiatan sosial manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diperoleh dari lingkungannya."

Selengkapnya

Pasar

1. tempat umum untuk menjual dan membeli barang; 2. bertemunya penjual dan pembeli barang atau jasa, tidak selalu harus ada tempat secara fisik, misalnya pasar uang (market).

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo