• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

PPATK

"Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) merupakan lembaga sentral (focal point) yang mengkoordinasikan pelaksanaan upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang di Indonesia. Secara internasional PPATK merupakan suatu Financial Intelligence Unit (FIU) yang memiliki tugas dan kewenangan untuk menerima laporan transaksi keuangan, melakukan analisis atas laporan transaksi keuangan, dan meneruskan hasil analisis kepada lembaga penegak hukum. "

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan

Apa itu Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan?

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) adalah sebuah lembaga independen yang dibentuk dengan tujuan mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang. PPATK didirikan pada tanggal 17 April 2002, bersamaan dengan disahkannya Undang-Undang No. 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang. PPATK memiliki kewenangan untuk melaksanakan kebijakan pencegahan dan pemberantasan pencucian uang, sekaligus membangun rezim anti pencucian uang dan kontra pendanaan terorisme di Indonesia. Dengan terlaksananya tugas dan kewenangan PPATK, maka akan tercipta stabilitas sistem keuangan dan menurunkan terjadinya tindak pidana asal. PPATK bertanggung jawab kepada Presiden Republik Indonesia dalam menjalankan kewenangannya tersebut.

Visi dan Misi Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan

Visi

Menjadi lembaga intelijen keuangan yang independen dan terpercaya dalam mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme.

 

Misi

  1. Meningkatkan nilai guna hasil analisis dan hasil pemeriksaan PPATK.

  2. Meningkatkan peran dan dukungan dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang, pendanaan terorisme, dan tindak pidana lainnya di Indonesia.

  3. Meningkatkan efektivitas manajemen internal PPATK.

Tugas dan Fungsi Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memiliki tugas untuk mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang. Dalam menjalankan tugasnya, PPATK juga mempunyai berbagai macam fungsi. Berikut adalah fungsi yang dimiliki oleh PPATK dalam menjalani tugasnya:

  • Pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang
  • Pengelolaan data dan informasi yang diperoleh PPATK
  • Pengawasan terhadap kepatuhan pihak pelapor
  • Analisis atau pemeriksaan laporan dan informasi transaksi keuangan yang terindikasi tindak pidana pencucian uang dan/atau tindak pidana lain

Nilai-Nilai Dasar Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan

  1. Integritas
  2. Tanggung Jawab
  3. Profesionalisme
  4. Kerahasiaan
  5. Kemandirian

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank Indonesia

"Bank sentral Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang berlaku.."

Selengkapnya

Otoritas Jasa Keuangan

"Lembaga independen dan bebas dari campur tangan pihak lain, yang berfungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan seperti yang diatur dalam Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK."

Selengkapnya

Badan Pemeriksa Keuangan

"Instansi pemerintah Indonesia yang setingkat dengan departemen yang bertugas mengawasi penggunaan uang negara oleh instansi pemerintah."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo