• Produk
  • Promo
  • Artikel

Portofolio Efek

Apa itu Portofolio Efek?

Efek dalam Portofolio Efek adalah sebutan untuk surat-surat berharga seperti saham, surat utang, reksadana, tanda bukti utang, obligasi, dan yang lainnya. Secara singkat, Portofolio Efek merupakan kumpulan dari efek atau surat-surat berharga milik seseorang ataupun suatu badan.

Macam-macam Portofolio Efek

Reksadana pasar uang memiliki portofolio efek berbentuk obligasi, deposito, atau sertifikat Bank Indonesia. Sementara di reksadana tetap, portofolio efeknya dapat berbentuk surat utang atau obligasi. Untuk reksadana campuran, portofolio efeknya digabung dalam bentuk deposito, saham, dan obligasi secara bersama-sama. Kemudian yang terakhir adalah reksadana saham yang bentuk portofolio efeknya adalah saham.

Risiko yang Berhubungan dengan Portofolio Efek

Terdapat risiko dimana dana investor yang sudah ditempatkan dalam portofolio efek tidak kembali. Bila investor menjual portofolio efek miliknya dan mengalami kerugian, hal ini disebut risiko likuiditas.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Portofolio Investasi

"Sejumlah sekuritas yang dimiliki oleh perseorangan atau perusahaan sebagai salah satu cara penanaman modal (investment portfolio)."

Selengkapnya

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Manajer Investasi

"Manajer Investasi adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portofolio Efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo