• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Pinjaman Lunak

“Fasilitas pinjaman dengan syarat-syarat pelunasan ringan, tingkat suku bunga rendah dan berjangka waktu panjang; fasilitas ini diberikan oleh bank pembangunan multilateral dan bilateral, seperti IBRD, OECF untuk pembiayaan proyek pembangunan di negara-negara berkembang; biasanya, pinjaman lunak tersebut berjangka waktu panjang sampai dengan 50 tahun, selama masa tenggang hanya membayar bunga dan biaya pelayanan negara berkembang dengan pendapatan per kapita rendah dan negara berkembang yang mempunyai masalah dalam neraca pembayaran akan memperoleh fasilitas dengan tingkat suku bunga yang lebih rendah dari jadwal pembayaran yang lebih ringan (soft loan).”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Pinjaman Lunak?

Pinjaman Lunak atau soft loan merupakan fasilitas pinjaman dengan syarat-syarat pelunasan ringan, tingkat suku bunga rendah dan berjangka waktu panjang. Fasilitas ini diberikan oleh bank pembangunan multilateral dan bilateral, seperti IBRD, OECF untuk pembiayaan proyek pembangunan di negara-negara berkembang. Biasanya, pinjaman lunak tersebut berjangka waktu panjang sampai dengan 50 tahun, selama masa tenggang hanya membayar bunga dan biaya pelayanan. Negara berkembang dengan pendapatan per kapita rendah dan negara berkembang yang mempunyai masalah dalam neraca pembayaran akan memperoleh fasilitas dengan tingkat suku bunga yang lebih rendah dari jadwal pembayaran yang lebih ringan.

Tujuan Pinjaman Lunak

  • Mendapatkan Keuntungan: keuntungan merupakan tujuan pinjaman lunak dari pemberian pinjaman ini, keuntungan diperoleh dalam bentuk bunga yang diterima oleh pihak bank sebagai tanda balas jasa.
  • Pengembangan Usaha Nasabah: bank dapat mendukung usaha nasabah dengan memberikan pinjaman. Pinjaman yang diberikan dapat berupa investasi  dan modal kerja.
  • Peningkatan Ekonomi: pinjaman lunak mempunyai pengaruh terhadap perekonomian negara. Dengan penyaluran pinjaman kepada nasabah dapat membangun sektor di berbagai pembangunan negara.

Fungsi Pinjaman Lunak

Selain memiliki tujuan pinjaman lunak juga memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Peningkatan Daya Guna Uang: penyaluran dana pinjaman merupakan pengalihan dari status uang yang tidak aktif menjadi aktif.
  2. Peningkatan Daya Guna Barang: pinjaman yang digunakan oleh bank dapat digunakan untuk mengolah barang menjadi memiliki daya guna barang yang lebih tinggi, sehingga barang memiliki nilai jual yang lebih bermanfaat.
  3. Peningkatan Motif Usaha: pinjaman yang diberikan kepada nasabah yang memerlukan dana akan sangat berdampak sebagai motivasi berusaha.
  4. Peningkatan Pendapatan: pinjaman lunak yang diberikan kepada masyarakat industri atau usaha produksi dan investasi akan mampu meningkatkan kebutuhan tenaga kerja. Secara keseluruhan penyerapan tenaga kerja ini akan membuat peningkatan pendapatan masyarakat.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Piutang

"Uang yang dipinjamkan (yang dapat ditagih dari seseorang); utang-piutang, uang yang dipinjam dari orang lain dan yang dipinjamkan kepada orang lain."

Selengkapnya

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Tabungan

"N tempat menabungkan uang; celengan,uang tabungan; uang simpanan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo