• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pialang

Pialang/pi·a·lang/ n perantara dalam kegiatan jual beli; makelar;

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Perantara dalam perdagangan yang diangkat dan disumpah; dalam mengadakan perjanjian, perantara bertindak untuk dan atas nama pengamanat dengan menerima provisi; ia tidak mempunyai hubungan kerja yang tetap dengan pengamanat (broker).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pialang?

Pialang atau broker adalah individu atau perusahaan yang berperan sebagai perantara jual dan beli saham di pasar modal atau perdagangan berjangka. Pialang biasanya bekerja pada sebuah perusahaan yang menjalankan aktivitas jual beli saham dan bekerja sesuai dengan etika bursa. Perusahaan yang menjalankan aktivitas jual beli saham ini disebut perusahaan pialang yang tergabung sebagai anggota dalam bursa efek.

Untuk menjadi seorang pialang, dibutuhkan bukti tanda kelulusan ujian WPPE (Wakil Perantara Pedagang Efek) dan memiliki sertifikasi CFA (Certified Financial Analyst) sebagai nilai tambah. Seluruh aktivitas pialang atau perusahaan pialang diawasi oleh badan pengawas milik pemerintah, yaitu Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi), yang bertanggung jawab langsung kepada Menteri Perdagangan. Pengawasan ini dilakukan untuk memastikan seluruh kegiatan perdagangan dilakukan sesuai dengan Undang-Undang dan ketentuan yang berlaku.

Jenis-jenis Pialang

  1. Retail Broker – Sering juga disebut sebagai Individual Broker, pialang ini melayani konsumen yang merupakan investor individu, jadi tidak melayani pelanggan lembaga seperti reksa dana. Pialang ini mendapatkan komisi dari hasil penjualan ataupun pembelian sesuai arahan investor.
  2. Institutional Broker – Kebalikan dari retail broker, pialang ini hanya melayani pelanggan/investor yang bersifat lembaga atau institusi. Lembaga seperti reksa dana akan membutuhkan institutional broker untuk melakukan transaksi di pasar modal.
  3. Discount Broker – Pialang yang memberikan pelayanan tidak lengkap. Biasanya discount broker memberikan jasa layanan saran dan strategi investasi. Selain itu juga memberikan jasa untuk menentukan keputusan jual beli saham. Pelanggan yang menggunakan jasa discount broker biasanya sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai pasar modal dan membaca data yang diberikan oleh psar modal.
  4. Deep Discount Broker – Pialang yang menyediakan layanan paling sederhana, yaitu pemeliharaan rekening dan eksekusi pesanan jual beli saham.
  5. Full Service Broker – Pialang yang memberikan pelayanan paling lengkap. Mulai dari saran untuk investasi, strategi yang tepat untuk perusahaan investor, hingga pemberian hasil analisis yang dilakukan perusahaan pialang. Pialang ini cocok untuk investor yang kurang paham mengenai analisis.
  6. Internet (Online) Broker – Pialang ini kurang lebih sama dengan pialang yang lain, hanya saja pelayanannya melalui internet. Dengan internet broker, investor dapat menyelesaikan proses transaksi melalui internet.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Pasar Modal

Pasar yang merupakan sarana bagi perusahaan dan pemerintah untuk memperoleh dana jangka panjang dengan cara menjual saham atau obligasi (capital market).

Selengkapnya

Bursa Efek

"n (Ek): pusat perdagangan surat-surat berharga dari perusahaan umum."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo