Perbankan Unit

Definisi Perbankan Unit

Sistem perbankan yang melarang pembukaan cabang yang beroperasi secara penuh (full service) sistem bank unit terdapat di Amerika Serikat, biasanya di daerah Midwest dan Southwest (unit banking).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Perbankan Unit?

Perbankan unit atau yang biasa disebut dengan sistem unit banking adalah berlakunya pola operasional perbankan pada suatu ruang lingkup unit tersebut saja, berdiri sendiri, dan mempunyai kewenangan yang mencakup kegiatan bank yang bersangkutan. Pada sistem ini, bank tidak membuka cabang di luar wilayah kerja/distrik/provinsi.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Ciri-ciri Perbankan Unit

  1. Organisasinya relatif kecil.
  2. Ruang lingkup operasi terbatas.
  3. Delegasi wewenang masih terbatas.
  4. Keputusan kredit lebih cepat karena prosedurnya tidak berbelit-belit dan langsung ditangani direkturnya.

Keunggulan Perbankan Unit

  • Manajemen Mudah: Manajemen dan kontrol unit bank jauh lebih mudah dan efektif karena ukuran yang lebih kecil. Kemungkinan adanya kecurangan dan penyimpangan dalam manajemen keuangan perbankan unit juga lebih kecil.
  • Perbankan Lokal: Perbankan unit memiliki pengetahuan khusus tentang masalah-masalah lokal dan melayani kebutuhan masyarakat setempat dengan cara yang lebih baik daripada perbankan cabang.
  • Keputusan Cepat: Keuntungan besar dari unit perbankan adalah bahwa tidak ada penundaan dalam mengambil keputusan tentang masalah-masalah penting mengenai unit bank.
  • Tidak Ada Tendensi untuk Monopolistik: Unit bank umumnya berukuran kecil. Dengan demikian, tidak memungkinkan adanya monopolistik di bawah sistem unit perbankan.
  • Mendorong Neraca Regional: Di bawah sistem unit perbankan, tidak ada transfer sumber daya dari daerah pedesaan dan terbelakang ke pusat komersial industri besar. Ini cenderung mengurangi keseimbangan regional.
  • Inisiatif dalam Bisnis Perbankan: Unit bank memiliki pengetahuan penuh dan keterlibatan yang lebih besar dalam masalah lokal. Mereka berada dalam posisi untuk mengambil inisiatif untuk mengatasi masalah ini melalui bantuan keuangan.
  • Fleksibilitas dalam Operasi: Manajer unit bank dapat menggunakan kebijaksanaannya dan mengambil keputusan cepat.
  • Tidak Ada Cabang yang Tidak Efisien: Di bawah sistem unit perbankan, cabang yang lemah dan tidak efisien secara otomatis dihilangkan. Tidak ada perlindungan yang diberikan kepada bank-bank tersebut.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍