• Produk
  • Promo
  • Artikel

Perbankan Swalayan

Sistem pelayanan perbankan terpadu yang memungkinkan nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas perbankan tanpa harus langsung datang ke bank, misalnya membayar utang, menyetor atau menarik dana, dan transfer yang dilakukan secara otomatis melalui anjungan tunai mandiri (ATM) atau sarana phone banking. Sistem pelayanan ini hanya dapat dilakukan apabila didukung oleh tersedianya sarana fasilitas dan kesiapan semua pihak terkait; pada volume transaksi tertentu, sistem ini dapat menurunkan biaya pelayanan serta memberikan kemudahan bagi nasabah (self-service banking).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Perbankan Swalayan?

Perbankan swalayan atau yang biasa juga disebut sebagai self-service banking mengacu pada layanan perbankan di mana pelanggan melakukan transaksi keuangan seperti setoran dan penarikan, penyelidikan, transfer, pembayaran tagihan, pinjaman, pertukaran mata uang, dan manajemen keuangan melalui peralatan swalayan yang sudah disediakan tanpa perlu meminta bantuan teller.

Peralatan swalayan termasuk peralatan swalayan tunai dan peralatan swalayan non-tunai. Peralatan swalayan tunai termasuk Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan Mesin Penyetoran Tunai. Peralatan swalayan non-tunai mencakup terminal swalayan (terminal swalayan multi-media, mesin pembayaran otomatis, mesin penyelidikan otomatis, mesin beban kartu IC, mesin cetak buku tabungan, dan mesin perbankan online swalayan) dan terminal pembayaran berbasis telepon (transfer telepon).

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

"(ATM) mesin otomatis (milik bank) untuk mengeluarkan uang tunai dengan teknik tertentu, seperti menekan tombol nomor tabungan, menekan nomor (kode) sesuai dengan petunjuk."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Teller

“Petugas bank yang bertanggung jawab untuk menerima simpanan, mencairkan cek, dan memberikan jasa pelayanan perbankan lain kepada masyarakat tanda tangan kasir diperlukan sebagai tanda sah suatu dokumen transaksi pada lembaga keuangan, pada umumnya kasir bekerja di belakang gerai (counter), pada bank besar telah ditetapkan tugas dan fungsi kasir berdasarkan uraian tugas,misalnya seorang kasir memproses penerima simpanan yang diterima lewat surat,menyimpan, dan mencatat seluruh bukti penyimpanan dan pembayaran dari setiap nasabah,”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo