Perantara Pemasaran

Definisi Perantara Pemasaran

Perantara yang menghubungkan produsen dan konsumen, atau pedagang besar dan konsumen; seringkali perantara tersebut mengambil risiko besar dengan memesan dan menyimpan barang sebelum mereka memperoleh kontrak penjualan, biasanya mereka membeli dengan jumlah besar dan menjual secara eceran; mereka juga menyetujui biaya distribusi dan laba antara harga pembelian dan penjualan, biasanya sampai dengan 5% (middleman).

Otoritas Jasa Keuangan

Tujuan Perantara Pemasaran

Memanfaatkan tingkat kontak atau hubungan, spesialisasi, pengalaman, dan skala operasi mereka dalam menyebarluaskan produk sehingga bisa mencapai target pasar produsen secara efisien dan efektif. Jika saluran distribusi adalah rute atau rangkaian perantara, baik yang dikelola oleh pemasar maupun yang independen, dalam menghubungkan produk dari produsen kepada konsumen.

promo
promo
promo
promo
promo
promo

Tugas Pokok Perantara Pemasaran

Perantara Pemasaran merupakan bagian penting dalam skema penjualan produk. Menjangkau konsumen adalah tugas perantara agar produk sampai kepada mereka, karena antara produsen dan konsumen terdapat kesenjangan baik ruang dan waktu. Kesenjangan tersebut dapat diatasi dengan tugas pokok perantara pemasaran yaitu:

1. Accumulating

Perantara pemasaran harus mengumpulkan produk dari produsen untuk dipasarkan kepada konsumen. Selain mengumpulkan produk, perantara pemasaran juga harus bisa mengumpulkan konsumen untuk jenis produk tertentu agar terus konsisten menggunakan produk yang dipasarkan.

2. Bulk Breaking

Aktivitas membagi masing-masing produk dari berbagai produsen ke dalam kuantitas yang lebih kecil, sesuai dengan yang diminta atau dibutuhkan oleh konsumen. Perantara pemasaran biasanya sebelum membagikan jumlah produk sesuai kebutuhan konsumen akan mengelompokan dahulu kebutuhan per kategori produk.

3. Sorting

Aktivitas ini membagi atau mengelompokan masing-masing kuantitas produk yang lebih kecil ke dalam lini-lini produk yang lebih kecil ke dalam lini-lini produk yang homogen (sejenis) dengan spesifikasi dan tingkat-tingkat kualitas tertentu.

4. Assorting

Menjual berbagai macam lini produk secara bersama-sama. Percampuran lini produk tersebut tergantung pada ukuran bisnis yang dimiliki oleh perantara. Semakin besar bisnis yang dimiliki oleh perantara maka semakin banyak pula jumlah lini produk, jumlah variasi produk atau mereka pada masing-masing lini produk, dan pengelompokan lini produk berdasarkan kegunaannya.


promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍