• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Perantara Keuangan

Organisasi pasar uang yang memperoleh izin dari pembeli, penjual, peminjam, dan pemilik dana untuk melakukan pengelolaan uangnya dengan maksud memperoleh nilai lebih atas uang tersebut (financial intermediary).

Otoritas Jasa Keuangan

Perantara keuangan (financial intermediary) adalah pihak seperti bank atau lembaga keuangan lain yang menerima dana dari penyedia dan menempatkan dana tersebut pada pengguna. Investasi perantara pada pengguna biasanya berjangka panjang, biasanya memiliki likuiditas yang kurang, dan biasanya memiliki risiko kredit lebih daripada kewajiban perantara kepada penyedia.

Kamus Bisnis

Apa Itu Perantara Keuangan?

Perantara keuangan adalah lembaga atau perorangan yang berfungsi sebagai perantara antara berbagai pihak untuk memfasilitasi transaksi keuangan. Jenis umum meliputi bank umum, bank investasi, pialang saham, dana investasi gabungan, dan bursa efek. Perantara keuangan mengalokasikan modal yang tidak diinvestasikan ke perusahaan produktif melalui berbagai struktur kepemilikan hutang, ekuitas, atau hibrida. Dalam sistem keuangan, perantara seperti bank dan perusahaan asuransi memiliki peran besar dalam perekonomian.

Keunggulan dan Kekurangan Perantara Keuangan

Keunggulan dari menggunakan perantara keuangan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Keuntungan biaya daripada peminjaman / peminjaman langsung.
  • Perlindungan kegagalan pasar; Kebutuhan pemberi pinjaman dan peminjam yang saling bertentangan direkonsiliasi, mencegah kegagalan pasar.
  • Rekonsiliasi preferensi yang bertentangan dari pemberi pinjaman dan peminjam
  • Perantara penghindar risiko membantu menyebarkan dan mengurangi risiko
  • Skala ekonomi - menggunakan perantara keuangan mengurangi biaya pinjaman dan pinjaman
  • Ruang lingkup ekonomi - perantara berkonsentrasi pada permintaan pemberi pinjaman dan peminjam dan mampu meningkatkan produk dan layanan mereka (menggunakan input yang sama untuk menghasilkan output yang berbeda)

Kekurangan dari menggunakan perantara keuangan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kurangnya transparansi
  • Perhatian yang tidak memadai terhadap masalah sosial dan lingkungan
  • Kegagalan untuk menghubungkan langsung dengan dampak pembangunan yang terbukti.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Lembaga Keuangan

“Lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dan menanamkannya dalam bentuk aset keuangan lain, misalnya kredit, surat-surat berharga, giro, dan aktiva produktif lainnya; yang termasuk dalam lembaga keuangan adalah bank dan lembaga keuangan nonbank (financial institution).”

Selengkapnya

Bank Umum

“Bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan Prinsip Syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran; sin, bank komersial.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo